TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ayat Al Quran yang Bikin Semangat Kerja Lagi

Semangat menjemput rezeki, yuk!

Ilustrasi malas bekerja (unsplash.com/Tom Morel)

Dalam hal mencari nafkah, ada kalanya kita merasa malas. Ingin rasanya berhenti bekerja, namun apa daya, banyak kebutuhan hidup yang harus kita penuhi dan tidak mungkin untuk berpangku tangan pada manusia lain.

Tenang! Itu adalah hal normal dan biasa terjadi, namun, kamu tetap harus kembali memotivasi diri agar semangat lagi. Salah satu caranya dengan membaca ayat-ayat Al Quran  berikut. Semoga bermanfaat.

1. Allah SWT melihat pekerjaan kita

Ilustrasi bekerja keras (unsplash.com/Milad Fakurian)

Saat kamu malas bekerja, kamu bisa mengingat pesan Allah lewat Al Quran Surah At-Taubah ayat 105. Ingatlah! Bahwa Allah, Rasulullah, dan orang-orang mukmin akan melihat apa yang kamu kerjakan, maka bekerjalah sebaik mungkin.

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ
وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ

Artinya: “Dan katakanlah, “Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. At-Taubah: 105)

Baca Juga: 6 Tahap Yaumul Berdasarkan Al-Quran, Umat Muslim Wajib Tahu!

2. Allah menjadikan Bumi mudah untuk kita jelajahi

Ilustrasi bekerja keras (unsplash.com/Adli Wahid)

Allah telah menjadikan bumi ini mudah bagi kita untuk mencari rezeki. Jangan karena pekerjaanmu sulit lalu kamu malas bekerja. Ingat selalu ayat ini agar setiap kesulitan yang kamu hadapi saat bekerja terasa lebih ringan. 

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا
   مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Artinya: “Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan. (QS. Al-Mulk: 15)

3. Syukurilah pekerjaan yang kita miliki

Ilustrasi bekerja (unsplash.com/Elisa Ventur)

Kita harus bersyukur di tengah sulitnya bagi orang lain mencari pekerjaan, Allah menjadikan kita bisa memiliki pekerjaan yang halal. Salah satu wujud syukur bisa kita buktikan dengan rajin dan semangat bekerja. 

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ
لَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7)

4. Jangan iri pada orang lain

Ilustrasi rapat (unsplash.com/Jason Goodman)

 

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ

نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ
مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Artinya: “Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”(QS. An-Nisa: 32)

Malas bekerja karena iri dengan rekan kerja juga kerap terjadi. Mungkin atasan pilih kasih antara pegawai satu dan lain, gaji yang tidak sama, tingkat kesulitan pekerjaan yang berbeda, juga seringkali membuat kita malas bekerja.

Kita bisa mengingat ayat di atas bahwa, Allah melarang kita iri terhadap penghasilan yang mungkin berbeda. Percayalah, semua sudah Allah gariskan seadil-adilnya. 

Baca Juga: 5 Janji Allah SWT dalam Al Quran yang Pantang Kamu Lewatkan

Verified Writer

Laila Alhaffatah

Full time wife, mom, and writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya