TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sering Dipandang Negatif, Orang Pemalu Punya 6 Kelebihan Ini Lho!

Diam-diam, mereka adalah pemikir yang andal

Ilustrasi wanita malu-malu (pexels.com/Pragyan Bezbaruah)

Orang yang pemalu terkadang kesulitan bersosialisasi karena susah untuk memulai percakapan. Begitu pun saat belajar atau berada di lingkungan kerja, sulit sekali untuk menyatakan pendapatnya. Akibat sifat itulah yang kemudian banyak orang mencap negatif orang pemalu.

Padahal, ada banyak hal positif dari orang yang punya sifat pemalu, lho! Ingin tahu apa aja kelebihan dari orang pemalu? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

1. Jarang bertindak gegabah

ilustrasi pria merenung (pixabay.com/macdongtran)

Orang pemalu umumnya jarang sekali bertindak gegabah. Hal ini disebabkan mereka merupakan tipe pemikir yang ketika akan bertindak harus dipertimbangkan dulu dengan matang.

Hal ini sangat menguntungkan, terutama ketika diterapkan di tempat kerja. Berbagai keputusan yang diambil akan jauh lebih baik karena telah melewati proses pemikiran yang seksama.

2. Mampu jadi pendengar yang baik

Ilustrasi pertemanan (pexels.com/Roberto Nickson)

Gak semua orang suka menjadi pencerita. Demikian halnya dengan orang yang pemalu, mereka lebih senang menjadi pendengar dibanding pihak yang harus membuka diri.

Justru sifat mereka itulah yang bikin orang-orang sekitarnya jadi nyaman. Karena karakternya yang gak suka menonjolkan diri, malah bikin orang betah untuk bercerita kepadanya karena gak merasa diburu-buru atau khawatir pembicaraan akan dipotong.

Baca Juga: 6 Perbedaan Introvert dan Pemalu, Sering Dikira Sama!

3. Memiliki citra baik

ilustrasi wanita tersenyum (pixabay.com/minanfotos)

Orang dengan sifat pemalu, biasanya kehidupannya lurus-lurus saja. Ini disebabkan karakternya yang gak mau bertindak sembarang sehingga dipikirkan dulu konsekuensi dari perbuatannya.

Itu sebabnya, orang pemalu umumnya memiliki citra baik karena pilihan hidupnya gak neko-neko. Mereka sadar bahwa ada sebab, ada akibat. Kalau ingin “nakal”, maka harus berani pula bertanggung jawab terhadap konsekuensi dari kenakalannya itu.

4. Miliki kepribadian yang tenang

Ilustrasi pria tersenyum (pexels.com/fauxels)

Banyak orang yang merasa nyaman bergaul dengan si pemalu karena pembawaan mereka yang tenang, gak gampang panik atau bersikap reaktif.

Karakter ini menjadi hal positif ketika menghadapi konflik, misalnya di kantor. Mereka mampu tetap berpikir jernih dalam segala situasi sehingga dapat diandalkan oleh rekan-rekan yang lain.

5. Sahabat yang loyal

ilustrasi teman (pexels.com/Adrienn)

Kendati orang yang pemalu sering kesulitan ketika harus berbaur, tapi bukan berarti mereka gak asyik dijadikan teman. Justru miliki teman dengan sifat pemalu jadi kesyukuran tersendiri.

Si pemalu meskipun temannya gak banyak, karena kurang luwes dalam bersosialisasi, tapi mereka terkenal loyal. Mereka akan selalu ada saat kamu butuh serta rahasiamu akan aman bila bercerita dengannya karena sifat mereka yang gak suka mengumbar sesuatu.

Baca Juga: 6 Perasaan Terdalam yang Dipendam si Pemalu, Kamu Banget Gak Nih?

Verified Writer

L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya