TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Teman, Jangan Takut Pasang Standar Tinggi

Demi kebaikan hidupmu, bijaklah memilih teman

ilustrasi teman (unsplash.com/Junior REIS)

Bersikap baik kepada semua orang itu perlu. Hanya saja, kalau sudah menyangkut pertemanan gak boleh sembarangan. Salah pilih teman bisa berakibat buruk bagi hidupmu, lho.

Gak sedikit kita lihat kasus orang yang dulunya baik-baik jadi berubah disebabkan salah pergaulan. Layaknya hal positif bisa menginspirasi, maka hal negatif pun bisa menular.

Maka dari itu, bijaklah dalam memilih teman. Lakukan kiat-kiat berikut ini untuk memilih teman yang baik dan bisa membawa pengaruh positif.

1. Jangan takut memasang standar tinggi

ilustrasi teman diskusi (pexels.com/SHVETS production)

Kamu gak perlu merasa buruk berusaha berteman dengan orang-orang yang memiliki satu visi. Punya standar pertemanan wajar-wajar saja dengan catatan tetap berusaha berlaku baik ke siapa pun. Artinya, jangan mentang-mentang seseorang itu dianggap gak sejalan, terus kamu jadi sombong. Itu gak baik, ya!

Memiliki standar dalam pertemanan akan memudahkanmu menyeleksi orang-orang yang layak jadi sahabat dekat dan yang sebaiknya jaga jarak. Jangan sampai karena perasaan gak enakan akhirnya hidupmu jadi rumit sendiri akibat dikelilingi oleh teman toksik.

2. Pilih teman yang bisa mengerti keunikanmu

ilustrasi teman pria (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Setiap orang punya keunikannya masing-masing. Teman yang baik adalah mereka yang bisa menerima keunikan tersebut dan gak memaksakan untuk berubah. Carilah tipe teman seperti ini.

Pilih teman yang bisa memahami kelucuanmu, bukan malah menjadikanmu bahan olok-olok. Pilih teman yang bisa menerima perbedaan, bukan mensyaratkan sesuatu supaya kamu bisa masuk ke lingkup pertemanan mereka.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kamu Kukuh Mempertahankan Pertemanan Toxic

3. Pilih teman yang gak takut padamu

ilustrasi teman (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu patut bersyukur apabila punya teman yang gak segan untuk mengkritik. Tentu saja kritikan yang dimaksud di sini bersifat konstruktif dan dilakukan demi perbaikan diri. Teman yang seperti itu jarang, lho.

Dibutuhkan keberanian besar untuk menegur orang yang disayang. Oleh sebab itu, punya teman yang gak takut padamu termasuk anugerah. Ketika kamu salah, alih-alih jadi penjilat, yang dia lakukan malah jadi orang pertama yang berusaha membuatmu sadar.

4. Pilih teman yang mendekatkanmu pada Tuhan

ilustrasi doa (unsplash.com/Pedro Dias)

Kalau kepada Tuhan saja tidak takut, jangan heran bila seseorang akan mudah sekali berperilaku buruk atau merugikan orang lain. Itu sebabnya carilah teman yang bisa membuatmu takut sekaligus dekat kepada Tuhan agar hidup gak dijalani seenaknya.

Teman seperti ini biasanya loyal bukan main. Ketika kamu ditimpa kesulitan, dia akan berusaha menolongmu dan mengingatkanmu bahwa Tuhan pasti punya rencana indah di balik itu semua.

Baca Juga: 7 Tips Menagih Utang agar Cepat Dibayar Tanpa Merusak Pertemanan

Verified Writer

L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya