TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Punya 5 Hal Esensial Ini? Hidupmu Udah Cukup Banget!

Belajar rasa syukur dalam segala situasi

pixabay.com/wongyulee

Hidup cukup tidaklah mudah didapatkan bagi sebagian orang. Seberapa besar nominal gaji yang dimiliki seseorang, rasanya sulit sekali berucap ini cukup. Mungkin kamu salah satunya?

Kenapa gak cukup? Karena dalam list belanja selain kebutuhan pokok terdapat pula keperluan jalan-jalan ke luar negeri, beli tas mewah, dan sebagainya.

Padahal, dengan hanya lima kebutuhan pokok dan esensial ini tercukupi, maka kamu wajib bersyukur karena ini saja sudah cukup. Apa saja?

1. Kesehatan

pixabay.com/Pexels

Kesehatan akhir-akhir ini menjadi hal yang sangat penting. Kesehatan bisa mengalahkan perekonomian yang kini benar-benar terpuruk. Maka jika kamu masih sehat, gak perlu sering-sering ke rumah sakit, hidupmu sudah lebih dari cukup.

Buat apa kaya kalau yang bisa kamu lakukan hanya berobat ke rumah sakit? Kalau kamu sehat, itu saja udah diberkati luar biasa oleh Tuhan.

Apalagi di tengah penyebaran virus korona ini. Punya karier oke, hidup mapan, tapi gak bisa nikmatin karena penyakitan juga gak bisa. Betul, nggak?

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Hal Ini Membuatmu jadi Pribadi yang Sulit Bersyukur

2. Bisa makan dan minum secukupnya

pixabay.com/the5th

Untuk keperluan makan dan minum, kamu dan keluargamu gak kekurangan dan masih bisa makan nasi dengan lauk walau seadanya. Tak perlu merebus batu untuk menenangkan anak yang lapar. Kamu masih bisa belanja ke supermarket walau harus pakai masker dan uang pas-pasan, itu sudah lebih dari cukup.

3. Memiliki pakaian layak pakai

pixabay.com/Icons8_team

Gak perlu branded, asal masih bisa ada pakaian yang layak dipakai, bisa melindungi kulit tubuh, maka hidupmu sudah sangat cukup. Bisa ganti pakaian setiap hari bahkan setiap mandi.

Kamu akan merasa kurang, kalau kamu maunya hanya memakai barang branded saja. Hakikatnya sama juga kan pakaian ya hanya sebagai penutup tubuh. Kecuali, kalau kamu menambah embel-embel sendiri yang akan buat kamu merasa kurang melulu. 

4. Memiliki tempat tinggal yang masih cukup layak

pixabay.com/natik_1123

Mau itu kos-kosan, apartemen, atau rumah sendiri walau masih KPR, bersyukurlah di masa pandemi ini kamu masih punya tempat tinggal pribadi untuk self-quarantine. Coba bayangkan nasib tuna wisma saat ini.

Jika kamu gak harus pakai kardus atau tidur di jalanan, hidupmu udah sangat diberkati. Maka bersyukurlah jika masih bisa punya tempat tinggal yang layak. 

Baca Juga: 9 Kebaikan yang Didapat dari Rasa Bersyukur, Hidup Terasa Lebih Mudah

Verified Writer

Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya