TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Perlu Ditulis INFP Saat Membuat Resolusi Tahun Barunya

Lebih mencintai diri sendirimu sendiri, ya

Unsplash/Alexandre Chambon

Dalam hitungan hari, kita sudah akan masuk ke tahun 2019. Di tahun yang baru, tentu perlu semangat baru bukan? Untuk seorang INFP, tahun 2019 ini adalah saatnya lebih untuk mencintai dirimu sendiri.

Tahun ini bukanlah waktunya kamu diam dan kepikiran sendiri. Ini lima hal yang wajib ditulis dan ditaati oleh seorang INFP dalam resolusi tahun barunya.

1. Lebih mencintai diri sendiri

Unsplash.com/Bart LaRue

Sebagai seorang INFP, kamu memang orang yang ramah dan juga perhatian. Namun jeleknya, kamu kadang lebih jahat pada dirimu sendiri.

Tahun 2019 ini waktunya kamu untuk lebih mencintai diri sendiri. Ini waktumu untuk belajar menerima kekurangan diri dan bangga akan apa yang kamu punya.

Baca Juga: Saking Misteriusnya, 7 Hal Ini Bisa Bikin INTJ Kesal

2. Tidak menghabiskan waktumu untuk orang-orang yang tak berguna

Unsplash.com/Alexis Brown

Saking baiknya INFP, kamu banyak memaafkan orang lain yang berbuat salah padamu. Sudah saatnya kamu jangan bergaul dengan orang seperti ini.

Jika kamu merasa temanmu memanfaatkanmu, sudah waktunya di tahun 2019 untuk menjaga jarak padanya. Lebih tegas katakan ‘tidak’. Dengarkan instingmu sendiri, jangan buat dirimu capek.

3. Lebih banyak lakukan hal yang kreatif

Unsplash/nikarthur

Sudah waktunya di tahun 2019 nanti, kamu perlu lebih banyak mengembangkan bakatmu. Entah itu menggambar, menulis, menyanyi, atau menari, semua orang INFP rata-rata enjoy melakukan hal ini.

Jangan dengarkan kata orang lain yang bilang kamu tak bagus dalam hal ini. Karena percayalah, hal-hal kreatif di atas inilah yang membuatmu bahagia lebih bahagia di tahun 2019.

4. Tidak membuat ekspektasi terlalu tinggi, supaya tidak kecewa terlalu dalam

unsplash.com/Kinga Cichewicz

Karena kamu adalah tipe idealis yang sudah membuat bayangan-bayangan tertentu dalam kehidupanmu, hal ini terkadang membuatmu kecewa. Kamu punya patokan sendiri. Kalau lepas dari patokan tersebut, yang ada justru kamu lebih sedih.

Tahun 2019, jangan buat ekspektasimu terlalu tinggi. Targetkan saja hal simpel yang di depanmu. Jika terwujud, baru ambil target yang lebih besar. Dengan begini, kamu tidak akan terlalu kecewa jika ada target yang tidak berhasil.

Baca Juga: Perlu Tambahan Resolusi? 5 Hobi yang Bisa Kamu Kembangkan di 2019

Verified Writer

Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya