TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hentikan! Ini 5 Bukti Kamu Terlanjur Nyaman Berpura-pura dalam Hidup

Cepat atau lambat, semuanya akan terbongkar

unsplash.com/Alexis de Boon

Menjalani hidup yang serba pura-pura memang gak banget, capek dan sama sekali gak ada untungnya. Tapi anehnya, beberapa orang di luar sana justru senang berpura-pura, baik pura-pura bahagia, pura-pura kaya, pintar, dan masih banyak lagi.

Berikut lima bukti kalau seseorang terlanjur nyaman berpura-pura dalam hidupnya. Bisa kamu jadikan bahan introspeksi diri juga, nih!

1. Selalu mencari cara untuk tersenyum walau lagi tersakiti

unsplash.com/Irene Strong

Meski sedang dilanda kesedihan yang begitu dahsyat sekalipun, orang yang hobi berpura-pura akan selalu mencari cara agar senyumnya terkesan real. Misalnya saja membuat lelucon yang bisa mengundang tawa.

Akan tetapi, jauh dari dalam lubuk hati dia justru merasa tersiksa. Dan bila kamu amati secara detail, kamu bisa melihat kalau semuanya palsu.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Temanmu Cuma Pura-pura Jadi Baik, Hati-hati!

2. Sering menjadikan orang lain sebagai alat untuk mencari alasan

unsplash.com/Vaerie Elash

Dan gak sedikit orang yang hobi pura-pura melibatkan orang lain untuk menutupi kesalahan atau sifat jeleknya. Mereka gak segan-segan melakukan ini karena gak mau merusak citra dirinya sendiri. Terlalu nyaman berpura-pura sih, makanya menghalalkan segala cara agar bisa terlihat baik di depan banyak orang.

3. Semakin semangat memamerkan kebahagiaan hidup demi mendapat pujian

unsplash.com/Hichem Dahmani

Orang yang hobi berpura-pura juga senang mendapatkan pujian. Karena bagi mereka, pujian ini memberi setitik kebahagiaan yang ampuh untuk meredam kesedihan yang mereka rasakan saat ini. Jadi, tak heran kalau mereka hobi memamerkan apa yang dimilikinya untuk mendapatkan pujian, seperti kekayaan yang katanya bisa membuat bahagia.

4. Berubah menjadi sosok yang lebih banyak bicara

unsplash.com/William Krause

Orang yang tadinya pendiam mendadak berubah menjadi chatty, ini semua gak sepenuhnya karena keinginannya sendiri. Sebagian melakukan hal ini agar dinilai asyik oleh orang-orang di sekitar dan mendapat banyak teman. 

Sangat disayangkan, bukan? Padahal orang lebih suka berteman dengan yang apa adanya karena yang seperti ini biasanya gak muluk-muluk.

Baca Juga: 5 Hal Menyakitkan yang akan Dialami Kalau Kamu Pura-pura Bahagia

Verified Writer

Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya