TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Orang Respek padamu, Ingin Tahu Apa Saja?

#IDNTimesLife Siap-siap ge-er nih

Ilustrasi seorang pria (unsplash.com/felippetiago)

Gak gampang lho, untuk mendapatkan respek atau rasa hormat orang lain. Modal kekayaan, pangkat, atau pintar doang bukannya bikin orang respek malah bisa membuat mereka enek.

Yang paling menentukan tentu caramu berbicara dan berperilaku. Dua hal itu mencerminkan sifatmu yang sesungguhnya. Lebih jelasnya, ini nih alasan orang menaruh respek padamu.

1. Kamu bisa dipercaya, gak suka membocorkan rahasia orang

Ilustrasi persaudaraan (unsplash.com/rajivperera)

Sejauh rahasianya bukan kejahatan, kamu merasa bertanggung jawab untuk ikut menjaganya. Apalagi kamu sudah berjanji untuk tidak membocorkannya pada siapa pun.

Dengan kemampuanmu menutup mulut ini, orang menjadi tahu bahwa kamu bisa menepati janji. Sebaliknya kalau sikapmu seperti ember bocor, semua rahasia orang yang kamu ketahui berakhir sebagai pengetahuan publik, mereka akan merasa jijik banget padamu!

Baca Juga: 6 Zodiak yang Selalu Perlakukan Orang dengan Sopan dan Penuh Respek

2. Kamu juga gak pernah mencampuri urusan pribadi mereka

Ilustrasi sahabat (unsplash.com/russ9358)

Mau berteman sedekat apa pun, kamu paham banget mana yang ranah privasi dan mana yang masih boleh kamu campuri. Salah satu bukti dari ketidaksukaanmu mencampuri urusan orang ialah kamu gak pernah bergunjing.

Kok bisa? Ya dong, soalnya pergunjingan itu gak bakal seru kalau gak membahas privasi orang lain. Makin privasi malah makin ramai obrolannya. Ya, kan?

Nah, kamu paling anti dengan begituan. Bahkan saat jelas-jelas kamu dimintai saran oleh seseorang untuk permasalahannya yang amat pribadi, kamu tetap sangat berhati-hati.

3. Ucapanmu halus tetapi tetap tegas, penampilan juga terjaga

Ilustrasi seorang perempuan (unsplash.com/glm_murshed)

Meski ucapanmu halus, kalau kamu malah jadi terdengar lembek dan gak punya prinsip yang jelas, orang-orang gak bakal respek padamu. Bukannya respek, mereka malah jadi meremehkanmu.

Kamu dikira penakut atau kurang memiliki pengetahuan. Namun bila kamu tetap bisa menunjukkan ketegasan dalam nada bicaramu, kamu akan lebih dihormati.

Soal penampilan pun, kamu gak sembarangan. Berpakaian yang bersih dan rapi terutama saat hendak menemui orang lain sudah menjadi keharusan bagimu. Itu caramu menghargai orang lain dan diri sendiri.

4. Caramu memandang diri sendiri dan orang lain

Ilustrasi seorang pria (unsplash.com/i_abuawwad1998)

Orang yang selalu memandang dirinya gak berguna dan masa depannya suram jelas gak akan membuat respek siapa pun. Bukannya respek, mereka malah akan mengolok-oloknya. Untung kamu gak begitu.

Kamu yakin dirimu berharga karena kamu memiliki berbagai potensi diri. Kamu juga yakin masa depanmu cerah sebab semua potensi diri itu bisa diasah sampai menjadi kemampuan nyata.

Meski begitu, keyakinanmu pada diri sendiri gak lantas membuatmu meremehkan orang lain seperti apa pun kondisinya. Kalau kamu cuma kelewat tinggi menilai diri sendiri dan sebaliknya terlalu rendah dalam menilai orang lain, mereka juga gak akan respek.

Baca Juga: Tanpa Harus jadi Penjilat, 5 Trik Jitu Bikin Orang Lain Respek ke Kamu

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya