TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat agar Kamu Tak Kecewa dalam Penantian, Jangan Ragu buat Menagih

Tetaplah beraktivitas sambil menunggu apa pun

ilustrasi menghitung hari (pexels.com/Vanessa Chaves)

Menanti sesuatu atau seseorang memang terasa membosankan, ya? Rasanya, waktu berjalan lambat sekali selama kamu menunggu. Makin penting sesuatu yang dinantikan, makin kamu sulit untuk bersabar.

Kecewa dalam penantian pun bisa sering kamu alami jika terlalu berharap sesuatu atau seseorang akan tiba tepat waktu. Padahal bila kamu sudah kecewa akan sukar sembuhnya. Supaya tak terulang lagi, ikuti kiat-kiat di bawah ini saja.

1. Pastikan kamu janjian sama orang yang bisa dipercaya

ilustrasi pasangan (pexels.com/Anete Lusina)

Dengan siapa pun kamu membuat kesepakatan, pastikan dia tipe orang yang tak suka ingkar janji. Kalau kamu selalu mau saja dijanjikan apa pun oleh orang yang tak bisa dipercaya, sudah pasti kamu bakal kerap kecewa.

Kamu telah lama menunggu, ternyata apa saja yang dijanjikannya tak juga terealisasi. Dengan kekasih pun kamu tetap harus waspada. Menjalin hubungan asmara bersama seseorang yang tidak dapat dipercaya akan menjadi sumber kekecewaan bagimu.

2. Jangan berpikir segalanya pasti berjalan sesuai rencana

ilustrasi pria dalam kegelapan (pexels.com/Sleiman Al-Khatib)

Selalu ada hal-hal yang tak berjalan sesuai rencana sehingga kamu gak boleh terlalu kaku dalam menetapkan batas penantian. Misalnya, menunggu bayaran atas proyek yang kamu kerjakan. Terkadang ada kendala teknis yang membuat bayaranmu terlambat ditransfer.

Milikilah kemampuan untuk menoleransi hal-hal seperti ini. Tunggu beberapa hari kemudian dan jangan langsung marah-marah atau sembarangan menuduh pihak pemberi proyek. Nanti kamu malah sulit memperoleh proyek lagi darinya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Sifat Ragu-ragu Harus Segera Dihilangkan

3. Tetap menyibukkan diri selama menanti

ilustrasi perempuan bekerja (pexels.com/Yan Krukov)

Jika kamu menanti sesuatu tanpa melakukan kegiatan yang lain, waktu akan terasa lama sekali. Kamu pun menjadi mudah cemas oleh pemikiran kalau-kalau sesuatu atau seseorang yang ditunggu tak juga datang.

Penantian dan kecemasan seperti itu justru menurunkan produktivitasmu. Semua aspek dalam kehidupanmu dapat terganggu. Maka dari itu, sibukkanlah diri selagi menanti agar bila sesuatu yang ditunggu batal terwujud, kamu tak terlalu rugi waktu.

4. Jangan sungkan menagih janji seseorang

ilustrasi penantian (pexels.com/cottonbro)

Apa yang tengah kamu nanti barangkali berkaitan dengan janji seseorang. Kamu memang mengingat janji itu dengan baik. Akan tetapi, belum tentu demikian dengan dirinya.

Jadi, kalau sudah melebihi waktu yang disepakati dan ia atau sesuatu yang dijanjikannya tak juga tiba, tagih saja. Tentunya secara baik-baik biar dia merasa hanya diingatkan, bukan tahu-tahu dianggap ingin menipumu.

Baca Juga: 5 Tips agar Mampu Menyikapi Rasa Kecewa dengan Bijaksana

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya