TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Titik Balik Orang Cuek Jadi Lebih Memperhatikan Penampilannya

Pengalaman buruk pun bisa memotivasi

ilustrasi becermin (pexels.com/Paola Diaz)

Tidak mudah bagi orang yang berkarakter cuek untuk mau lebih memperhatikan penampilannya. Kepercayaan dirinya terlalu tinggi sehingga ia merasa gak ada masalah dengan caranya berpakaian dan tampil di depan orang banyak.

Namun secuek apa pun seseorang, bukan artinya mustahil untuknya berubah. Dengan lima kejadian di bawah ini, semua orang dapat langsung mengubah penampilannya. Tentunya, berubah ke arah yang lebih positif. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Ditegur atasan

ilustrasi berdandan (pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Kalau seseorang cuma ditegur dosen atau teman, ia masih bisa gak ambil pusing. Besok-besok dia tetap berpenampilan sama saja. Namun jika atasan di kantor yang menegur, pasti ada perasaan takut dan malu.

Mau gak mau ia akan memaksa dirinya buat lebih memperhatikan penampilan. Lalu mengubahnya sesuai dengan keinginan atasan atau seperti yang diwajibkan di kantor. Daripada dia dipecat, kan? 

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Kamu Hargai Keberadaannya dalam Hidup, Jangan Cuek!

2. Mendapat perlakuan buruk gara-gara penampilan sembarangan

ilustrasi berdandan (pexels.com/Marcus Aurelius)

Misalnya, ia sampai diusir satpam lantaran penampilannya seperti orang yang hendak mengganggu ketertiban. Atau, dia dicemooh tamu yang lain dalam sebuah acara. Pengalaman seperti ini memang negatif.

Akan tetapi, pengalaman tersebut ternyata bisa juga mendorong seseorang ke arah yang lebih positif. Yaitu, ia menjadi sadar pentingnya tampil secara pantas dalam acara atau di tempat yang didatangi banyak orang. Penampilannya memengaruhi sikap mereka padanya.

3. Ekonomi membaik

ilustrasi perawatan (pexels.com/Gustavo Fring)

Memperbaiki penampilan sedikit banyak memang butuh biaya. Besarannya bervariasi, tergantung pakaian seperti apa yang akan dibeli dan perawatan apa saja yang akan dilakukan. Kalau gaji masih pas-pasan apalagi cuma punya uang saku yang gak seberapa, hal ini tentu sulit.

Jadi, orang kurang memperhatikan penampilan tak selalu karena tidak menginginkannya. Namun dapat semata-mata terkendala biaya. Nanti begitu kondisi ekonominya kian baik, dia pasti mulai lebih care pada penampilannya sendiri.

4. Sedang jatuh cinta atau permintaan pasangan

ilustrasi potong rambut (pexels.com/mostafa meraji)

Seseorang rela mengubah penampilan secara drastis ternyata tidak hanya dalam rangka mendapatkan perhatian gebetan. Pasangan lama pun dapat mendorongnya untuk lebih merapikan diri. Selain karena keinginan membahagiakan pasangan, sarannya bila dipikir-pikir memang benar juga.

Sebagai orang terdekatnya, pasangan tentu tidak akan sembarangan dalam memberikan masukan. Lebih dari sekadar menuruti selera pasangan, penampilannya yang terjaga juga dimaksudkan buat kebaikan dia sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Orang Cuek terhadap Keluhan Sakitmu, Jangan Ngeyel!

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya