TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Sungkan Me Time

Padahal, me time penting untuk memberikanmu energi baru

ilustrasi seorang perempuan (unsplash.com/cristina_gottardi)

Mencintai diri sendiri seharusnya sudah otomatis dilakukan semua orang. Namun nyatanya, mengatakannya sering kali lebih mudah ketimbang benar-benar melakukannya.

Ini jadi PR besar, terutama buat kamu yang suka gak enakan sama orang lain dan gampang overthinking. Lebih jelasnya, berikut lima tanda kamu masih gagal mencintai diri sendiri.

1. Masih merasa bersalah ketika hendak me time

ilustrasi me time (unsplash.com/drewcoffman)

Padahal, setelah bekerja keras dan menghadapi berbagai persoalan hidup dengan penuh ketabahan, memanjakan diri alias me time sudah seharusnya kamu lakukan. Ini penting agar energimu pulih.

Akan tetapi, setiap mengambil waktu untuk bersantai sejenak saja, kamu sudah merasa bersalah. Kamu khawatir itu akan seketika mengganggu produktivitasmu. 

2. Masih membiarkan ucapan orang lain menyetir kebahagiaanmu

ilustrasi tiga perempuan (unsplash.com/javotrueba)

Gara-gara ucapan buruk orang lain, kamu kepikiran sampai berhari-hari,bahkan berbulan-bulan kemudian. Misalnya, komentar pedasnya tentang kehidupan pribadimu.

Bila kamu memikirkan setiap omongan negatif orang, kamu pasti akan lebih sering menderita daripada bahagia. Jika orang lain saja gak cukup peduli akan perasaanmu sehingga merasa bebas berbicara, kenapa kamu harus memikirkannya?

Baca Juga: 5 Cara Mencintai Diri Sendiri Tanpa Harus Terlihat Egois

3. Belum menjadikan hidupmu sebagai prioritas

ilustrasi fokus mengerjakan sesuatu (unsplash.com/claybanks)

Kamu terlalu gak enakan sama orang lain. Akibatnya, kamu tampak selalu siap membantu mereka kapan saja. Bila sudah berlebihan begini, buruk untuk dirimu, lho.

Kamu jadi tidak pernah punya cukup waktu dan tenaga untuk memikirkan hidupmu sendiri. Asal kamu tahu saja, tidak semua orang yang telah kamu bantu bakal tetap peduli padamu setelah urusan mereka beres.

4. Terlalu banyak mengkritik diri sendiri

ilustrasi seorang pria (unsplash.com/johnfo)

Kamu selalu membutuhkan kritik dari orang lain maupun diri sendiri sebagai bahan evaluasi. Akan tetapi, jangan berlebihan juga dalam menguliti kekurangan diri, ya!

Nanti kamu akan cenderung melebih-lebihkan kekuranganmu dan gagal mengapresiasi hal-hal hebat yang telah kamu lakukan. Itu namanya jahat sama diri sendiri, lho.

Baca Juga: 5 Bentuk Self Care Saat Menggunakan Media Sosial, Hindari Insecure!

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya