TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inilah 6 Rukun Wudu yang Wajib Diketahui oleh Seorang Muslim

Biar salat kamu sah

Ilustrasi orang berwudu (pixabay.com/mucahityildiz)

Dalam Islam, wudu merupakan hal pertama yang dilakukan sebelum beribadah, khususnya salat. Sebelum berwudu, kita diharuskan mengetahui terlebih dahulu apa saja yang ada dalam wudu, termasuk rukun wudu. Namun, kamu tahu tidak apa saja rukun wudu itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Niat ketika membasuh wajah

Ilustrasi orang berwudu (pixabay.com/mucahityildiz)

Rukun wudu adalah hal-hal yang wajib dan harus dilakukan ketika kita berwudu. Jika kita tidak melakukannya, baik disengaja ataupun tidak, maka wudu kita tidak sah dan harus diulangi lagi.

Pengertian niat dalam Islam adalah menyengaja dalam melakukan suatu hal sambil dibarengi dengan melakukan hal tersebut. Artinya, ketika kita niat melakukan sesuatu, contohnya berwudu, kita juga diharuskan sambil berwudu.

Tempat kita melakukan niat adalah dalam hati. Dan niat dalam hati tersebut wajib hukumnya. Adapun lafaz niat wudu yang biasa kita ucapkan lewat mulut hukumnya sunah.

Pada intinya, ketika kita membasuh wajah, dalam hati kita berniat melakukan wudu. Bukan sebelum atau sesudah membasuh wajah.

2. Membasuh wajah

Ilustrasi orang berwudu (pixabay.com/mucahityildiz)

Membasuh wajah adalah rukun kedua dalam berwudu. Tentunya, ketika membasuh wajah, jangan lupa dibarengi niat dalam hati.

Batasan wajah yang dibasuh ketika wudu adalah sebagai berikut.

  • Di atas, batasannya adalah mulai tempat tumbuhnya rambut. Adapun untuk orang yang tidak memiliki rambut, cukup dikira-kira saja. Kira-kira sebelah mana awal tumbuhnya rambut jika di kepala ada rambutnya.
  • Di samping, batasnya adalah perbatasan antara telinga dan wajah.
  • Di bawah, batasnya adalah sampai di bawah dagu.

Baca Juga: Tata Cara Wudu yang Benar Sesuai Sunah, Lengkap Niat dan Doa!

3. Membasuh kedua tangan sampai dua siku

Ilustrasi orang berwudu (pixabay.com/mucahityildiz)

Rukun ketiga dalam wudu adalah membasuh kedua tangan sampai siku. Dalam hal ini, alangkah baiknya lewati sedikit dari siku ini. Karena jika terlalu pas, khawatir malah ternyata kurang/tidak sampai ke siku, sehingga malah wudu kita menjadi tidak sah.

4. Mengusap sebagian kepala

Ilustrasi orang berwudu (pixabay.com/mucahityildiz)

Rukun wudu yang keempat adalah mengusap sebagian kepala. Maksudnya adalah mengusap dengan diberi air terlebih dahulu pada tangan kita, lalu barulah diusapkan ke kepala. Mengapa mengusap dan bukan membasuh? Karena kalau membasuh, berarti air yang langsung datang ke kepala tanpa ada perantara tangan sehingga dikhawatirkan malah terlewat sampai membasahi pakaian.

5. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki

Ilustrasi orang berwudu (pixabay.com/mucahityildiz)

Rukun wudu yang kelima adalah membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Sama halnya dengan tangan, alangkah baiknya dilewatkan sedikit lebih tinggi dari mata kaki. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kurangnya terbasuh mata kaki atau bahkan sampai tidak terbasuh. Sehingga yang ada malah wudunya menjadi tidak sah.

Baca Juga: 7 Manfaat Wudu untuk Kesehatan, Terbukti secara Ilmiah!

Writer

Miftahul Farohi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya