TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Membeli Buku Bajakan adalah Hal yang Merugikan

Stop peredaran buku bajakan!

unsplash/raduflorin

Buku adalah jendela dunia. Begitulah penggalan kalimat yang sering diperdengarkan mengenai betapa bermanfaatnya sebuah buku. Namun di balik betapa bermanfaatnya sebuah buku. Ada saja pelaku-pelaku nakal yang memanfaatkan keuntungan dengan cara yang tidak benar.

Maraknya peredaran buku-buku bajakan tentu menjadi sebuah benalu yang merugikan banyak pihak. Egoisme guna mengeruk keuntungan pribadi dengan mengorbankan berbagai pihak tentu bukanlah hal yang bijaksana. Selain tentu saja penulis yang dirugikan.

Banyak pihak mulai dari penerbit hingga distributor dirugikan dengan beredarnya buku-buku bajakan. Kita sebagai konsumen buku yang bijak, tentu mulai sekarang harus sadar bahwa peredaran buku bajakan harus dihentikan.

Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa membeli buku bajakan adalah sesuatu yang sangat merugikan. Simak yuk.

1. Tidak menghargai jerih payah seorang penulis

Unsplash/tjump

Hal umum mengapa membeli buku bajakan sangat merugikan adalah kamu tidak menghargai proses dari si penulis dalam menciptakan sebuah karya. Kamu yang mendapatkan buku dengan harga murah tentu tidak merasakan betapa menyakitkannya ketika sudah susah payah berkarya namun karyanya diperjualbelikan dengan murah dan merugikan dirinya. Sadarkah dirimu akan hal tersebut?

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Kamu Dapat Ketika Membeli Buku Secara Online

2. Merugikan banyak pihak

Unsplash/anniespratt

Mulai dari penulis, penerbit, konsumen, distributor hingga pemerintah. Buku bajakan telah merugikan berbagai pihak di tengah peredarannya. Bagaimana sebuah karya yang mahal dibajak dan dijual dengan harga miring.

Miris memang, bahwa keuntungan pribadi membuat seseorang gelap mata dan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan.

3. Tidak mendapatkan sensasi kebanggaan membaca sebuah karya yang asli

Unsplash/anniespratt

Membaca buku apapun tentu mempunyai perasaan yang sama. Namun akan berbeda jika buku tersebut palsu alias bajakan dengan buku asli. Ketika membaca sebuah buku asli dari karya penulis yang difavoritkan. Ada perasaan berbeda tentunya mulai dari bangga dan bahagia. Hal ini tentunya tidak akan didapatkan ketika membaca buku-buku bajakan yang tidak jelas sumber produksinya.

4. Mencoreng dunia literasi

unsplash/jessicacastro

Dunia literasi adalah dunia yang mengagungkan sebuah karya asli. Baik dalam penemuan karya hingga proses produksi. Beredarnya buku bajakan seolah mencoreng dunia literasi dengan kepalsuannya. Walaupun banyak yang berseloroh, buku dinilai dari isi dan ilmunya. Pembenaran seperti itu seolah menjadi pembodohan yang membuat kita tidak akan pernah bisa memberantas kasus pembajakan buku.

Tentunya kita harus sadar bahwa walaupun isi buku bajakan dan buku asli memiliki kesamaan. Yang membadakannya adalah kebanggaan dan penghargaan atas suatu karya.

Baca Juga: Agar Termotivasi Baca Buku, Ketahui 5 Efek Positif 'Membaca' Ini

Verified Writer

M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya