TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap yang Tak Disadari Justru Tunjukkan Kamu Pribadi Anti Hoax

#GoodLIfe Tidak mudah percaya ternyata ada sisi positifnya

unsplash.com/palon

Di tengah informasi yang saat ini sangat mudah didapatkan tentu tidak hanya menimbulkan efek positif namun juga tidak lepas dari sisi negatifnya. Banyak orang yang terjebak dengan berbagai berita-berita yang tidak jelas sumber dan faktanya justru ditelan mentah-mentah. Hal tersebut sering disebut dengan berita hoax.

Di bawah ini ada sikap yang sering tidak disadari oleh beberapa orang bahwa ia adalah pribadi yang anti hoax. Penasaran? Langsung simak di bawah ini.

1. Tidak mudah percaya

unsplash.com/iwnxx

Arus informasi yang tersebar diberbagai media saat ini sangat mudah dijangkau. Namun jika dirimu sering tidak menelan bulat-bulat apalagi jika informasi tersebut janggal maka itu adalah salah satu ciri kamu adalah pribad anti hoax. Kadang dengan tidak mudah percaya justru penting untuk memilah mana informasi yang benar dan mana yang hoax.

2. Melihat sebuah informasi tidak berdasar satu sudut pandang namun dari berbagai sudut pandang

unsplash.com/guilhermestecanella

Jika kamu sering membandingkan satu informasi dengan informasi yang lain namun menggunakan sumber yang berbeda. Sikap tersebut telah menunjukkan bahwa kamu tidak termakan mentah-mentah sebuah informasi hanya dari satu sudut pandang. Membandingkan sebuah informasi tentu penting guna mencari informasi yang sebenar-benarnya.

3. Mencari informasi atau berita hanya dari media-media yang kredibel

unsplash.com/wasdrew

Informasi hoax atau berita hoax banyak tersebar melalu media yang tidak kredibel dan diperluas oleh orang-orang yang tidak pandai memilah informasi. Jika kamu lebih memilih membaca atau mencari informasi hanya dari media yang teruji kredibilitasnya. Maka secara tidak disadari kamu telah mempraktikkan sikap anti hoax.

4. Tidak mudah terpancing dan ikut-ikutan

unsplash.com/tumanova_photo

Mudah terpancing dan hanya ikut-ikutan sering menjadi salah satu alasan mudah tersebarnya berbagai informasi hoax. Dari hal tersebut pastinya kita sebagai masyarakat atau pribadi anti hoax. Alangkah baiknya tidak terpancing dan sekadar hanya ikut-ikutan menyebar sebuah informasi hoax.

Verified Writer

M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya