TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sadari 5 Hal Ini Sebelum Meminjamkan Buku Kepada Orang Lain

Siapkan kesabaran kalau bukumu gak sebagus dulu

unsplash/eliottreyna

Momen meminjamkan buku sering menjadi momen dilematis antara ingin berkontribusi mencerdaskan orang lain dan munculnya rasa takut kehilangan buku yang dicintai. Banyak orang yang mengeluh tentang bagaimana watak umum orang-orang yang senang meminjam buku.

Rata-rata para peminjam buku sering bersikap tidak kooperatif ketika diminta mengembalikan buku. Maka dari itu sebelum berniat ingin meminjamkan buku ke teman, sahabat atau orang lain. Sebaiknya kamu sadari terlebih dahulu lima hal di bawah ini supaya kamu siap mental dan tidak sedih ketika hal yang tidak diinginkan terjadi.

1. Bukumu menjadi tidak sebaik sebelum kamu pinjamkan

unsplash/jamessutton_photography

Ini hal yang sangat lumrah ketika buku tidak berada di tanganmu lagi. Meminjamkan buku ke orang lain tentu harus didasari dengan kesiapan untuk melihat bukumu tidak sebaik sebelum dipinjamkan. Kertas yang terlipat hingga halaman yang robek seringkali ditemui setelah buku kembali, tentu kembali dengan waktu yang sangat lama. Jadi, kamu harus siap untuk hal-hal terburuk ketika bukumu kembali.

Baca Juga: 10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng 

2. Siapkan kesabaranmu

unsplash/oceanswide

Kesabaranmu akan diuji dengan cukup luar biasa. Dalam hal ini kesabaran untuk menunggu bukumu kembali dan kesabaran terkait bagaimana usahamu untuk menagih bukumu kembali. Dua hal tersebut pasti akan mengujimu  dan sebaiknya kamu sadari terlebih dahulu sebelum melepas bukumu ke orang lain. Hasil dari kesabaran tersebut akan berujung dua hal, akhirnya bukumu kembali atau bukumu akan hilang selamanya.

3. Janji mengembalikan buku tepat waktu sering tidak ada efeknya

unsplash/thoughtcatalog

Janji hanyalah sekadar janji jika soal pinjam meminjam buku. Bilangnya pinjam satu minggu dan dikembalikannya mungkin hitungan tahun. Sebaiknya kamu juga bisa menyadari bahwa janji seringkali diingkari dan jarang sekali ditepati dalam situasi pinjam meminjam buku. Tentu ini berkaitan dengan poin nomor dua, sejauh mana kesabaranmu dalam menghadapi ini. Sadarilah sebelum kamu menyesal.

4. Di satu sisi kamu dianggap baik dan di satu sisi lagi kamu dianggap menyebalkan

unsplash/thoughtcatalog

Selain itu sebagai orang yang meminjamkan buku, kamu akan dicap sebagai orang yang murah hati dan baik karena rela meminjamkan buku kepada orang lain. Tapi itu hanya satu sisi yang kamu ketahui. Ada sisi lain yang akan membuatmu dicap menyebalkan.

Kenapa? Kamu pasti akan berada di situasi yang tidak mengenakkan ketika kamu mulai cerewet menagih bukumu dan memintanya dikembalikan. Sadarilah bahwa di satu sisi kamu dianggap baik dan akhirnya di satu sisi lagi kamu akan dianggap menyebalkan oleh mereka yang sering kamu tagih untuk mengembalikan bukumu.

Baca Juga: 5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Online

Verified Writer

M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya