TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tidak Bertele-tele, Ini 5 Tips Membuat Keputusan Cepat dan Bijaksana

Dengarkan kata hatimu

unsplash.com/jeshoots

Mengambil keputusan kadang menjadi sesuatu yang tidak mudah bagi sebagian orang. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan. Namun ada kalanya sebuah situasi yang menuntut kita mengambil keputusan dengan cepat dan tidak berisiko. Sulit memang.

Namun, di bawah ini ada beberapa tips bagaimana membuat keputusan yang cepat dan tanpa mengurangi sisi pertimbangan matangnya.

1. Buat daftar untung dan rugi

unsplash.com/benchaccounting

Membuat daftar sederhana di sebuah kertas bisa menjadi cara jika dirimu dituntut untuk membuat keputusan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tulislah apa keuntungan dan kekurangan dari keputusan yang akan kamu ambil tersebut.

Dengan memecah menjadi dua antara untung dan ruginya kamu mengambil keputusan tersebut. Dirimu bisa menarik garis besar keputusan mana yang akan kamu ambil.

Baca Juga: Tanpa Resah, Ini 5 Cara Mudah Membuat Keputusan dalam Hidupmu

2. Dengarkan kata hati

unsplash.com/sonniehiles

Hatimu juga perlu didengar. Namun ingat bedakan antara suara ego dan nurani hatimu. Ambil waktu sejenak untuk menenangkan diri dan upayakan kondisi lingkunganmu tenang. Lalu putar memorimu untuk melihat dengan jelas apa yang harusnya kamu lakukan kedepannya.

Sebuah keputusan dengan hati tanpa ego ditambah ketenangan akan lebih terasa manfaatnya.

3. Bentuk pola pikirmu bahwa waktu adalah uang

unsplash.com/anniespratt

Semakin kamu bertele-tele dalam mengambil keputusan semakin jauh dirimu dari keuntungan. Ingat bahwa keputusan hanya ada dua yang terjadi, sukses atau gagal. Dan semakin kamu menunda untuk mengambil keputusan maka tertunda juga suksesmu. Dengan begitu waktumu menjadi sia-sia.

4. Batasi pilihan

unsplash.com/rawpixel

Membatasi pilihan dengan mengerucutkan apa yang ingin diputuskan adalah langkah cerdas berikutnya. Dengan semakin cepatnya dirimu berpikir untuk menuntaskan keputusan maka semakin sedikit juga pengaruh yang akan membuat pikiranmu semakin kacau.

Baca Juga: 8 Sikap Bijaksana yang Ada Dalam Diri Seorang Introvert, Kamu Punya?

Verified Writer

M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya