TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kamu Sudah Sangat Ketergantungan dengan HP, Hati-hati!

Hayo kamu juga kan?

Unsplash.com/GillesLambert
Bukan hal yang aneh lagi di era sekarang ini jika smartphone disebut sebagai salah satu benda 'vital' yang sangat dibutuhkan. Sebab, mayoritas dari kita sekarang mengerjakan segala sesuatu dengan smartphone.
 
Tetapi, meski smartphone memiliki banyak sekali manfaatnya, tetap saja smartphone juga bisa menimbulkan masalah bagi manusia. Salah satunya adalah ketika manusia ketergantungan dengan smartphonenya. Kira-kira bagaimana ya tanda bahwa seseorang sudah sangat ketergantungan dengan smartphonenya? Yuk simak jawabannya!

1. Mendahulukan mengecek smartphone ketika bangun tidur

Unsplash.com/KingaChichewicz

Dulu, kita terbiasa untuk menuju ke kamar mandi untuk mencuci wajah setelah bangun tidur. Namun sekarang, ketika bangun tidur smartphone lah yang akan dituju.
Setiap notifikasi akan kita cek seolah tak ada yang lebih penting lagi selain apa yang ada di smartphone kita. Hal inilah yang berbahaya, karena dapat membuat kamu terus-terusan menatap layar smartphone dan berpotensi untuk menunda waktu bangun.

Baca Juga: 10 Aplikasi Android Ini Bisa Bantu Kamu Kurangi Ketergantungan HP

2. Mengutamakan keberadaan smartphone ketimbang benda lain

Unsplash.com/PepiStojanovski

Hal apa yang paling kamu khawatirkan ketika kamu lupa membawanya? Apakah itu topi? Sepatu? Tas? Dompet? Tentu bukan, pasti kebanyakan dari kita sepakat bahwa smartphone adalah barang hang paling anti tertinggal. Kita bisa saja lupa membawa tas namun jangan sampai smartphone juga tertinggal. Hal itu bisa saja terjadi ketika kamu menganggap bahwa smartphone adalah jantung dari kehidupan kamu, baik dalam hal pekerjaan atau gaya hidup.

3. Mudah kehilangan konsentrasi sebelum mengecek notifikasi

Unsplash.com/ChristinHume

Apakah kamu adalah tipe orang yang mudah sekali hilang konsentrasi ketika belum mengecek notifikasi smartphone? Mungkin kamu tidak percaya, tapi nyatanya banyak orang yang merasakan hal itu. Mereka adalah orang yang tidak ingin tertinggal hal baru di smartphone mereka. Dan mengeceknya adalah cara cepat bagi mereka untuk kembali tenang dan melanjutkan apa yang dia kerjakan.

4. Fokus kepada smartphone ketika mengobrol

Unsplash.com/EliottReyna
Smartphone adalah barang yang dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

Kenyataan itu benar adanya. Dengan teknologi smartphone kita dapat menghubungi orang yang jauh jaraknya dengan kita. Namun dengan smartphone juga kita menjadi tidak mempedulikan orang yang ada di depan kita.

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Sudah Kecanduan Media Sosial, Kamu Termasuk?

Verified Writer

Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya