TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buat Anak Rantau, Ini 5 Cara Sederhana agar Natalmu Tetap Berkesan

Nikmati malam Natal dengan caramu sendiri..

Unsplash/Arun Kuchibhotla

Natal memang akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. Namun, bagi anak rantau, rasanya sangat sulit untuk menikmati hal tersebut. Mereka harus membeli tiket pulang kampung yang bisa saja sangat mahal karena bertepatan dengan masa libur akhir tahun. Nah, agar malam Natal tetap terasa menyenangkan, sebagai anak rantau kamu bisa coba lakukan beberapa hal. Berikut ini informasi lengkapnya.

1. Buat tradisi untuk diri sendiri

unsplash/rpnickson

Keluargamu mungkin memiliki sebuah tradisi yang biasa dilakukan saat Natal. Lalu bagaimana jika kamu harus merayakannya tanpa keluarga? Nah, kamu bisa mencoba melakukan tradisi lain yang kamu buat sendiri atau tetap melakukan tradisi yang ada di keluargamu.

Melakukan tradisi sendiri saat Natal dapat membuatmu merasa lebih bahagia karena ada hal yang akan kamu lakukan setiap tahunnya. Bahkan, nantinya hal tersebut dapat berkembang menjadi sebuah kebiasaan yang perlu kamu lakukan di Natal selanjutnya lho.

2. Rayakan bersama teman

unsplash/Anthony Tran

Meskipun sebagai anak rantau, kamu juga belum tentu tidak memiliki teman, bukan? Kalau demikian, kamu bisa mengajak teman yang merantau juga untuk merayakannya secara bersama. Kamu bisa mengundang teman-teman lain untuk datang ke tempatmu walau hanya mengadakan acara makan bersama. 

Baca Juga: Mau Natal dan Tahun Baru di Bali? Waspada Bawa Barang Berharga Ya

3. Pergi jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di dekat daerahmu tinggal

unsplash/freestocks

Jalan-jalan sendirian atau dengan teman adalah salah satu cara yang mengasyikan untuk membuat malam Natalmu berkesan serta mengasyikkan. Jika kamu memiliki anggaran yang terbatas, kamu bisa melakukan perjalanan yang singkat meski ke tempat yang sederhana. Intinya, buat rencana perjalananmu sesuai dengan keuangan dan jadwal yang tersedia ya!

4. Melakukan komunikasi dengan keluarga

Unsplash/Jonathan Borba

Sebagai anak rantau tentu saja kamu sangat merindukan momen menghabiskan malam natal bersama keluarga, terutama orangtua. Meskipun terpisah jarak, akan tetapi kamu tetap bisa melakukannya dengan menghubunginya via video call. 

Meskipun rasanya berbeda dan tidak nyata, kamu akan tetap bisa memandang wajah mereka dan bertukar cerita. Jadi, lakukanlah komunikasi yang berkualitas untuk melepas rindumu yang terpendam.

Baca Juga: 5 Jajanan Perayaan Natal di Spanyol yang Wajib Banget Kamu Coba!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya