TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Harus Tenang dan Gak Terburu-buru dalam Menilai Sesuatu

Jangan sampai kamu mendahulukan prasangka 

ilustrasi perempuan muda (pexels.com/Brett Sayles)

Salah satu kebiasaan buruk yang masih sering kita lakukan yakni terburu-buru. Kamu menilai segala sesuatu atas dasar pandangan sesaat. Bahkan kerap mendahulukan prasangka daripada kenyataan yang ada.

Jika membahas bijaksana atau tidak, tentu sikap satu ini sama sekali tidak bijaksana. Kamu bisa terjebak dalam penilaian yang salah. Berikut ini lima alasan mengapa harus tenang dan tidak terburu-buru dalam menilai sesuatu.

1. Sikap yang tenang membuatmu bisa berpikir jernih 

ilustrasi perempuan muda (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu kunci dalam memecahkan masalah terletak pada ketenangan. Kamu menyikapinya dengan bijaksana tanpa terburu-buru. Apalagi gegabah asal ikut pendapat orang lain.

Saat kamu tenang dan tidak terburu-buru dalam menilai sesuatu, kamu bisa berpikir lebih jernih. Kamu tahu betul langkah tepat untuk menyikapi permasalahan tersebut. Kamu juga tahu bagaimana cara mengambil keputusan demi kebaikan bersama.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Secara Terburu-buru, Bisa Fatal!

2. Kamu tidak terjebak dalam penilaian yang salah 

ilustrasi perempuan muda (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan, sering kali kita terjebak dalam penilaian yang salah. Kamu menilai segala sesuatu hanya dari satu sudut pandang. Dan tidak mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang lain.

Inilah alasan mengapa kamu harus tenang dan tidak terburu-buru dalam menilai segala sesuatu. Sikap demikian ini membuatmu tidak mudah terjebak dalam penilaian yang salah. Kamu menilai permasalahan tidak berdasarkan prasangka, tapi menurut fakta yang ada.

3. Kamu bisa menentukan sikap yang tepat untuk menghadapi situasi yang ada 

ilustrasi perempuan muda (pexels.com/george Milton)

Memang tidak dapat dimungkiri kita harus menilai segala sesuatu dengan bijaksana. Apalagi berhadapan dengan situasi tak terduga. Kamu dituntut mengambil langkah yang tepat agar tidak menjerumuskan diri.

Oleh karena itu, penting untuk tetap tenang dan tidak Terburu dalam menilai segala sesuatu. Dengan demikian, kamu bisa menentukan sikap yang tepat untuk menghadapi permasalahan. Termasuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

4. Dengan adanya sikap tenang dan tidak terburu-buru, kamu bisa membuat pertimbangan matang 

ilustrasi perempuan muda (pexels.com/george Milton)

Setiap hendak melangkah kita tidak boleh asal-asalan. Kamu harus membuat pertimbangan matang dan mengantisipasi kemungkinan terburuk. Ini penting agar kamu tidak gampang tersudut dalam situasi tak diinginkan.

Ini menjadi alasan mengapa kamu harus memiliki sikap tenang dan tidak terburu-buru dalam menilai segala sesuatu. Sikap tenang dan tidak gegabah bikin dirimu bisa berpikir lebih matang. Kamu tahu betul langkah terbaik dan keputusan seperti apa yang bisa diambil.

Baca Juga: Sering Menilai Orang Lain Bikin Kita jadi Insecure? Ini Penjelasannya!

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya