TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Ketelatenan Dapat Mengarah pada Kesuksesan

Ketelatenan membentukmu jadi orang yang ulet 

ilustrasi mengetik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketelatenan menjadi salah satu sikap yang sudah sering kita dengar. Namun demikian, masih banyak orang yang menganggap sepele akan hal tersebut. Alih-alih menekuni suatu bidang secara ulet dan teratur, yang ada kita malah ogah-ogahan bahkan sering menyerah di tengah jalan.

Padahal ketelatenan memiliki andil yang besar lho dalam keberhasilan, entah itu keberhasilan terkait bidang akademi, bisnis, maupun keberhasilan dalam hal karir dan pekerjaan.

Jika kamu masih ragu, berikut ini lima alasan mengapa ketelatenan dapat membawa pada kesuksesan. Simak baik-baik ya.

1. Menjadi seorang yang telaten membuatmu ulet dalam berusaha

ilustrasi mengetik (pexels.com/mentatdgt)

Ketelatenan menjadi hal yang sudah sering dibahas, entah itu dalam obrolan antar sesama maupun tulisan di artikel dan media sosial. Bahkan seringkali kita mendengar nasihat bahwa dengan menjadi orang yang telaten maka kita akan memiliki ketekunan untuk mengerjakan suatu bidang. 

Ini tentu bukan sekadar omong kosong belaka. Menjadi orang yang telaten, secara bersamaan kamu akan memiliki jiwa keuletan.

Kegagalan sekali tidak akan membuatmu mundur. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Kamu malah berusaha lebih keras lagi sehingga bisa mencapai apa yang diharapkan. 

Baca Juga: 5 Kiat Menjadi Generasi Stroberi yang Tangguh, Siap Sukses! 

2. Dengan adanya ketelatenan, kamu dapat menjadi orang yang tidak mudah menyerah

ilustrasi tiga orang pekerja (pexels.com/Thirdman)

Sudah bukan hal yang asing lagi jika dalam menjalani hidup kamu pasti akan selalu dihadapkan dengan yang namanya tantangan. Baik itu tantangan terkait permasalahan kecil dan sepele, maupun tantangan yang menyangkut permasalahan besar dan rumit untuk dipecahkan.

Lantas, apa kaitannya antara ketelatenan dengan kesuksesan? Perlu diketahui, dengan menjadi orang yang telaten, kamu tumbuh menjadi sosok yang tidak gampang menyerah.

Bagimu permasalahan bukanlah hal yang patut untuk ditakuti, melainkan sebuah tantangan yang harus segera ditaklukkan.

3. Tentu kamu masih ingat kan jika ingin menaiki tangga teratas harus memulai dari bawah dulu?

ilustrasi menaiki tangga (pexels.com/Min An)

Apa yang akan kamu lakukan ketika ingin mencapai puncak tangga teratas? Apakah dari bawah kamu langsung melompat ke atas? Jawabannya tentu saja tidak.

Alih-alih langsung sampai di puncak, yang ada kamu malah jatuh dan susah bangkit lagi. Bagaimana pun, kamu harus berusaha menaiki satu persatu tangga dengan sabar dan telaten. Ini menjadi salah satu alasan mengapa ketelatenan dapat membawa pada kesuksesan.

Perjalanan mencapai kesuksesan ibarat kamu menaiki anak tangga, tidak bisa dilakukan secara instan. Semua harus dilakukan secara bertahap dan penuh kesabaran sampai kamu bisa mencapai keberhasilan. 

4. Ketelatenan membuatmu mau menjalankan segala sesuatu secara teratur

ilustrasi mengetik (pexels.com/George Milton)

Pasti kamu sudah sering mendengar tentang pentingnya keteraturan dalam hidup. Bahkan ini sudah ditanamkan sejak usia dini. Keteraturan membentukmu jadi sosok disiplin sehingga dapat mengelola waktu sebaik mungkin tanpa ada satu detik pun yang terbuang sia-sia.

Keteraturan memiliki keterkaitan yang erat dengan ketelatenan. Menjadi sosok yang tekun dan telaten, kamu akan terbentuk menjadi orang yang melakukan segala sesuatu secara terjadwal.

Pengelolaan waktu dan kegiatan secara efektif dan efisien inilah yang pada akhirnya akan membuka kunci keberhasilan.

Baca Juga: 5 Nasihat Untukmu yang Menginginkan Kesuksesan Secara Instan  

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya