TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Seseorang Suka Membaca Buku saat Waktu Luang

Kamu sendiri suka baca buku gak, nih?

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Cottonbro Studio)

Ada banyak aktivitas yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang. Salah satunya membaca buku, entah fiksi maupun non fiksi. Bahkan membaca buku menjadi tren tersendiri bagi generasi muda.

Tentunya ada alasan yang menyertai di balik kegemaran tersebut. Bisa jadi aktivitas membaca buku dianggap menyenangkan dan menghibur. Ketika seseorang suka baca buku saat waktu luang, barangkali karena lima alasan berikut.

1. Ia ingin menambah wawasan dan pengetahuan dengan membaca buku 

ilustrasi membaca buku (pexels.com/RODNAE Productions)

Pernah mendengar buku adalah jendela dunia? Memang tidak dapat dimungkiri jika dalam sebuah buku ada banyak pengetahuan yang bisa didapat. Tentu saja Ini memperbaiki cara berpikirmu.

Hal inilah yang terjadi alasan seseorang suka membaca buku saat waktu luang. Baginya membaca buku menambah wawasan dan pengetahuan. Ia bisa memperoleh banyak informasi penting yang sebelumnya tidak diketahui.

Baca Juga: 5 Tips Antibosan saat Baca Buku, Semangat Tambah Pengetahuan!

2. Membaca buku aktivitas sederhana tapi membuatnya terhibur 

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Castorly Stock)

Membaca buku tergolong aktivitas ringan dan sederhana. Kamu bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun. Meskipun sederhana, tapi aktivitas ini nyatanya cukup menghibur.

Alur bacaan yang menyenangkan membuat seseorang kembali bersemangat menekuri lembar-demi lembar halaman. Bahkan aktivitas membaca ini bisa untuk mengobati rasa lelah setelah seharian menjalan rutinitas.

3. Memahami kalimat demi kalimat membuatnya penasaran 

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah buku adalah rangkaian kalimat. Entah membaca buku fiksi maupun nonfiksi. Tantangannya kamu harus bisa memahami kalimat tersebut agar tahu apa yang disampaikan dalam sebuah buku.

Rupanya hal ini juga menjadi alasan seseorang suka membaca buku kala waktu luang. Memahami kalimat demi kalimat membuatnya diliputi rasa penasaran. Bahkan rasa keingintahuannya semakin tumbuh saat mengamati lembar demi lembar bacaan.

4. Membaca buku membuatnya terinspirasi 

ilustrasi membaca buku (pexels.com/SHVETS Production)

Sebuah buku memang terlihat sederhana. Hanya susunan kertas yang terdiri dari beberapa halaman. Tapi ketika sudah larut di dalamnya, bisa jadi kamu akan menemukan hal tak terduga, entah semangat atau motivasi.

Bagi mereka yang suka membaca buku saat waktu luang, salah satu alasannya karena mencari inspirasi. Kamu bisa termotivasi oleh suatu tokoh atau pemikiran. Tentu saja Ini mendorongmu tumbuh menjadi sosok yang inspiratif bagi lingkungan sekitar.

Baca Juga: 5 Buku Self-Development yang Harus Kamu Baca Sebelum 2022 Berakhir

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya