TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Harus Dipahami dari Keberanian Mengambil Risiko

Ingat, jangan gegabah mengambil keputusan 

ilustrasi berani mengambil risiko (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap keputusan yang kita ambil pasti mengandung risiko. Entah risiko besar maupun kecil. Kamu harus siap menghadapinya. Bukan malah lari dari konsekuensi.

Namun, keberanian mengambil risiko tidak bisa secara asal. Apalagi modal nekat tanpa pertimbangan sama sekali. Di samping keberanian mengambil risiko, kamu juga harus memahami lima hal ini.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Berani Menyiapkan Konsekuensi Terburuk dalam Hidup

1. Dalam mengambil risiko, hindari sikap nekat 

ilustrasi berani mengambil risiko (pexels.com/Fauxels)

Kita tidak bisa terus menghindar dari risiko. Bukannya maju dan berkembang, kamu justru ketinggalan bila terus menghindari peluang. Adakalanya berbagai kemungkinan harus dihadapi. Tapi di sisi lain, dibutuhkan sikap hati-hati.

Kamu harus paham konsep ini sebelum mengambil risiko. Hindari perilaku nekat tanpa pikir panjang karena berani bukan berarti nekat. Kamu harus berhati-hati agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

2. Pertimbangkan segala sesuatunya dengan matang 

ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keberanian menghadapi risiko merupakan sikap yang baik. Kamu tidak takut dengan tantangan. Namun di sisi lain, keberanian mengambil risiko tidak bisa dilakukan sembarangan.

Sebelum kamu mengambil risiko, pertimbangkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk meminimalisir kemungkinan terburuk. Jangan sampai kamu salah langkah akibat mengambil keputusan yang salah.

Baca Juga: 5 Alasan Mengambil Keputusan secara Asal Bikin Menyesal

3. Keberanian mengambil risiko harus diimbangi cara berpikir realistis 

ilustrasi berpikir (pexels.com/Vinicius Caricatte)

Setiap tindakan dan keputusan pasti mengandung risiko. Kamu tidak bisa menghindar dari kenyataan tersebut karena beragam kemungkinan bisa saja terjadi. Oleh karena itu, ada beberapa hal harus dipahami sebelum mengambil risiko.

Keberanian mengambil risiko harus diimbangi cara berpikir realistis. Kamu harus pandai memperhitungkan berbagai kemungkinan yang bakal terjadi. Kemampuan berpikir realistis menghindarkanmu dari kecerobohan.

4. Sebelum mengambil risiko, kamu harus mempersiapkan langkah antisipasi yang tepat 

ilustrasi berpikir (pexels.com/Tony schnagl)

Setiap orang pasti pernah berhadapan dengan risiko. Banyak kemungkinan bakal terjadi. Menyikapinya dengan modal keberanian bukan hal yang salah. Tapi keberanian itu harus tepat sesuai porsinya.

Ingat, sebelum mengambil risiko kamu harus mempersiapkan langkah antisipasi yang tepat. Usahakan menyiapkan rencana cadangan. Jadi saat rencana utama gagal, kamu tidak berhenti di tengah jalan.

Baca Juga: 5 Saat Paling Tepat saat Kamu Akan Mengambil Keputusan

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya