TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kerugian di Balik Anger Issue, Salah Satunya Menurunkan Reputasi

Citra positif dalam dirimu akan luntur 

ilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu melihat seseorang yang mudah marah? Bahkan hal kecil dan sepele pun membuat emosinya memuncak. Perlu diketahui, sikap seperti ini biasa disebut dengan anger issue. Tipe orang seperti ini susah mengontrol emosinya dan cenderung meledak-ledak.

Padahal sikap seperti ini bisa menimbulkan sejumlah masalah. Bahkan menyeretmu ke dalam kerugian besar. Kira-kira kerugian Apa sajakah dibalik anger issue? Berikut penjelasannya agar kamu bisa lebih mengendalikan emosi.

1. Menimbulkan masalah baru 

ilustrasi marah (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Marah memang menjadi salah satu cara untuk melampiaskan perasaan tidak senang. Entah itu marah pada diri sendiri maupun marah kepada orang lain. Tapi di sisi lain, kemarahan yang tidak dikontrol juga bisa membawa kerugian bagi diri sendiri.

Menjadi seseorang yang lekat dengan anger issue, salah satu kerugian yang pasti kamu hadapi, yaitu bisa menimbulkan masalah baru. Kamu terjebak dalam persoalan susah dipecahkan akibat tindakan marah yang tidak terkontrol.

2. Bisa terjebak dalam situasi yang rumit 

ilustrasi marah (pexels.com/Liza Summer)

Siapa, sih, yang mau terjebak dalam situasi yang rumit? Setiap dari kita pasti tidak menginginkan kondisi tersebut. Namun sayangnya, kita juga masih akrab dengan sejumlah perilaku yang bisa menyeret kita ke dalam situasi penuh masalah tersebut.

Anger issue erat kaitanya dengan situasi yang serba rumit dan penuh permasalahan. Kemarahan yang tidak terkontrol membuatmu gelap mata. Tanpa sadar, kamu melakukan tindakan buruk yang tidak seharusnya dilakukan.

3. Menurunkan reputasi 

ilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Reputasi seseorang tergantung bagaimana tingkah lakunya. Menjadi seseorang yang bisa menata sikap dengan baik, maka kamu juga akan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Begitu pula ketika kamu tidak bisa mengendalikan kemarahan.

Reputasi diri yang memudar merupakan salah satu kerugian ketika kamu melanggengkan anger issue. Karakter positif dalam dirimu memudar karena emosi yang tidak bisa dikontrol. Jika terus seperti ini, orang-orang sekitar tidak akan lagi menaruh respek padamu.

4. Dipandang sebelah mata 

ilustrasi marah di kantor (pexels.com/Yan Krukov)

Cara orang lain dalam memperlakukan kita tergantung bagaimana sikap dan tindakan kita sendiri. Lantas, bagaimana ketika seseorang sering melakukan anger issue? Sudah pasti ini menimbulkan kerugian tersendiri. 

Akibat sering tidak bisa mengontrol emosi ketika marah, seseorang akan memandangmu sebelah mata. Terlebih lagi jika kemarahan tersebut membuatmu lupa akan apa itu etika. Masyarakat sekitar akan menilaimu sebagai individu yang berkepribadian buruk.

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya