TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Seseorang Melakukan Humblebrag, Apakah Sekadar Pamer?

Ternyata tidak sekadar karena ingin unjuk pencapaian 

ilustrasi bertemu teman (pexels.com/Denys Gromov)

Keberadaan orang-orang yang hobi merendah untuk meroket tentu sudah sering dijumpai. Entah dulu saat sedang di bangku perkuliahan maupun ketika sudah terjun langsung di dunia kerja. Mereka cenderung mengkritik diri sendiri untuk terlihat baik di mata orang lain.

Tapi yang jadi pertanyaan, apakah penyebab seseorang melakukan hal tersebut? Apakah hanya untuk pamer atau ada dorongan yang lain? Agar tidak semakin penasaran, yuk baca penjelasan di bawah ini.

1. Ingin menunjukkan pencapaian 

ilustrasi bertemu teman (pexels.com/Denys Gromov)

Siapa sih yang tidak bangga dengan sederet prestasi? Setiap dari kita tentu bangga akan hal tersebut. Bahkan banyak orang berlomba-lomba menunjukkan agar orang lain tahu prestasi dan kesuksesannya.

Keinginan untuk unjuk pencapaian ternyata menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang melakukan humblebrag, lho. Di balik kritikan dan celaan pada diri sendiri, mereka ingin jika orang lain turut mengagumi pencapaiannya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Orang Sombong Nyebelin, Omongannya Selangit!

2. Ketakutan apabila tertinggal dengan yang lain 

ilustrasi merenung (pexels.com/Christian Munoz)

Setiap dari kita pasti memiliki rasa cemas dan takut. Salah satu di antara rasa cemas yang sering menjangkiti yaitu takut apabila tertinggal dengan lingkungan sekitar. Baik itu dari segi gaya hidup maupun prestasi dan pencapaian.

Jika membahas humblebrag, ternyata ketakutan apabila tertinggal dengan lingkungan sekitar termasuk salah satu penyebab mengapa seseorang melakukan hal tersebut, lho. Mereka takut jika tidak bisa mengimbangi ekspektasi dan standar lingkungan sekitar maka akan dikucilkan.

3. Ingin agar eksistensinya diakui 

ilustrasi bertemu teman (pexels.com/Yan Krukov)

Perilaku humblebrag seolah menjadi fenomena yang marak terjadi. Seseorang cenderung merendahkan dirinya agar disanjung oleh orang lain. Baik itu dari segi pencapaian akademis, karier dan pekerjaan, maupun pencapaian yang lain.

Tahukah kamu bahwa  ternyata keinginan agar eksistensinya diakui juga turut menjadi penyebab mengapa seseorang melakukan humblebrag, lho. Mereka ingin keberadaannya diakui dan dibanggakan oleh masyarakat sekitar.

4. Tidak mau dipandang rendah 

ilustrasi perempuan kaus abu-abu (pexels.com/Ron Lach)

Siapa sih yang mau dipandang remeh? Tentu setiap dari kita tidak menginginkan hal tersebut. Terlebih lagi jika kamu tidak dianggap dan kemampuanmu hanya dilirik setelah mata.

Lantas, apa kaitannya dengan humblebrag? Tidak mau dipandang rendah oleh orang-orang sekitar termasuk salah satu penyebab seseorang sering merendah untuk meroket. Dengan pamer pencapaian berbalut sikap rendah hati, mereka berharap orang-orang akan menaruh respek padanya.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Sikap Sombong saat Raih Keberhasilan

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya