TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap Sederhana Bentuk Rasa Peduli pada Lingkungan

Lingkungan patut dijaga kelestariannya  

ilustrasi berpetualang (pexels.com/Katya Wolf)

Lingkungan memang jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Hidup di lingkungan yang aman, bersih, dan nyaman, tentu kamu akan merasakan yang namanya kebahagiaan. Namun demikian, lingkungan yang nyaman untuk ditinggali juga bergantung pada seberapa sikap kepedulian kita.

Tentu kamu sudah sering mendengar nasihat untuk menjadi orang yang memiliki sikap peduli pada lingkungan sekitar. Ketika pertama kali mendengarnya, mungkin banyak orang beranggapan jika ini adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Padahal anggapan itu perlu diluruskan, lho. Berikut ini lima sikap sederhana yang bisa dilakukan sebagai bentuk rasa peduli terhadap lingkungan sekitar.

1. Membuang sampah pada tempatnya

ilustrasi membuang sampah (pexels.com/Cup of couple)

Nasihat ini mungkin sudah akrab mampir di pendengaran kita. Tidak hanya nasihat tertulis berupa slogan maupun sebaris quotes di media sosial. Namun juga nasihat langsung yang banyak diucapkan oleh orang-orang di lingkungan sekitar. Meskipun begitu, masih ada, lho orang yang masih suka buang sampah secara sembarangan.

Padahal membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu bentuk rasa cinta dan peduli pada lingkungan. Ingat, ini bukan hal yang berat untuk dilakukan. Di sekeliling kita keberadaan tempat sampah juga bisa ditemukan dengan mudah. Bahkan di setiap sudut taman atau tempat-tempat umum sudah banyak disediakan.

2. Turut menjaga kebersihan fasilitas umum

ilustrasi berdiri di kereta (pexels.com/Keira Burton)

Keberadaan fasilitas umum memang ditujukan untuk penggunaan bersama. Tapi yang jadi catatan, kebersihan dan kenyamanan fasilitas umum juga turut menjadi tanggung jawab bersama. Ini menjadi hal yang harus diingat baik-baik agar kamu tidak berlaku sesukanya di tempat-tempat tersebut.

Mungkin terdengar sepele, tapi tahukah kamu jika turut menjaga kebersihan dan kenyamanan fasilitas umum merupakan salah satu sikap yang mencerminkan bentuk rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Jangan sampai kamu meninggalkan sampah di fasilitas umum atau melakukan tindakan yang bisa menimbulkan kerusakan.

Baca Juga: 9 Artis Indonesia yang Aktif Suarakan Peduli Lingkungan 

3. Bisa menghargai antar sesama

ilustrasi mengobrol (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Hidup di lingkungan sekitar, tentu kita akan berjumpa dengan banyaknya orang dari beragam latar belakang. Hal itu bisa mempengaruhi perbedaan sikap, karakter, prinsip, bahkan pemikiran sekalipun. Tidak jarang apa yang menjadi prinsipmu berbeda seratus delapan puluh derajat dengan prinsip temanmu.

Bisa menghargai antar sesama merupakan sikap yang mencerminkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Di manapun kita berada, perbedaan karakter, prinsip, maupun pemikiran sudah pasti ada. Namun demikian, perbedaan-perbedaan tersebut sudah seharusnya dihargai dan dihormati. Bukan untuk diperdebatkan.

4. Tidak membuang limbah sembarangan

ilustrasi berdiri di tengah sampah (pexels.com/Gustavo Fring)

Di era sekarang, kita pasti menghasilkan limbah dalam kegiatan sehari-hari. Baik itu limbah yang mencemari air maupun tanah. Meskipun begitu, masih banyak orang yang mengacuhkan hal tersebut dan menganggap membuang limbah disaluran air bersih maupun tanah adalah hal yang wajar.

Ini tentu menjadi perilaku yang harus diubah. Padahal mewujudkan sikap peduli terhadap lingkungan itu tidak berat, lho. Salah satunya yaitu dengan tidak membuang limbah sembarangan. Bagaimana pun juga, limbah yang mencemari lingkungan kelak pasti akan membawa kerugian bagi diri sendiri.

Baca Juga: 5 Kota Peduli Perubahan Iklim Versi ITB

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya