TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Hadapi Teman yang Suka Lempar Kesalahan, Kudu Sabar dan Waspada

Jangan menanggapinya dengan emosi

ilustrasi menyalahkan (pexels.com/Antoni shkraba)

Sangat menjengkelkan ketika seseorang berbuat salah, tapi tidak mau mengakuinya. Apalagi sampai melempar kesalahannya kepada orang lain. Kamu tidak tahu apa-apa tiba-tiba harus bertanggung jawab atas perbuatannya.

Menghadapi perilaku teman seperti ini butuh perilaku cermat. Jika salah langkah kamu sendiri yang akan tersudut. Menghadapi teman yang suka lempar kesalahan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Jangan mudah tergiur ajakannya 

ilustrasi mengobrol (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Memang repot menghadapi tipe orang suka lempar kesalahan. Kamu yang tidak tahu apa-apa tiba-tiba terkena getahnya. Kebiasaan ini jika tidak disikapi secara tegas bisa merugikan diri sendiri.

Salah satu tips menghadapi teman tersebut yakni jangan mudah tergiur ajakannya. Ketika ada suatu masalah, bisa jadi kamu yang dijadikan tameng. Sebelum mengiyakan, teliti dulu apakah ajakan tersebut berisiko atau tidak.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menjaga Hubungan dengan Teman-teman Pasangan

2. Saat kamu dituduh, jangan langsung emosi 

ilustrasi menuduh (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bagaimana perasaanmu jika dituduh kesalahan yang tidak pernah kamu lakukan? Tentunya rasa marah dan jengkel campur aduk jadi satu. Tapi kamu tidak bisa menuruti emosi tersebut. Tahan diri dan Bersabarlah.

Tips ini harus kamu terapkan saat berhadapan dengan orang hobi lempar kesalahan. Kemarahan bikin kamu gak bisa berpikir jernih. Kamu bisa semakin tersudut oleh emosi yang tidak terkendali. Seolah-olah kamu melakukan kesalahan yang dituduhkan.

3. Ketika kamu membela diri, sampaikan argumen yang logis 

ilustrasi suasana rapat (pexels.com/Kampus Production)

Semua orang berhak membela dirinya selama benar. Tidak terkecuali saat dibebankan kesalahan yang tidak pernah kamu perbuat. Tapi dalam membela diri alangkah baiknya dilakukan secara hati-hati.

Di samping menyangkal tuduhan, sampaikan argumen yang logis. Jelaskan dari berbagai sudut pandang dan bukti sehingga argumenmu kuat. Ketika penjelasanmu logis, orang sekitar bisa menilai sendiri mana yang salah dan benar.

4. Kamu harus berani menolak saat ia ingin dirimu ikut andil bertanggung jawab atas kesalahannya 

ilustrasi menolak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang dengan mudahnya melakukan kesalahan. Tapi bagaimana dengan mempertanggungjawabkannya? Sebagian besar justru lepas tangan. Mereka melimpahkan kesalahan tersebut pada orang lain.

Tips ini harus kamu ingat jika memiliki teman dengan karakter demikian. Kamu harus berani menolak saat ia ingin dirimu ikut andil bertanggung jawab atas kesalahannya. Tegaskan kamu tidak ingin ikut campur urusan tersebut.

Baca Juga: 5 Plus Minus Membatasi Teman Akrab, Sering Dikira Pilih-pilih!

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya