TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Umrah Backpacker? Apakah Termasuk Umrah Resmi?

Kamu sudah tahu belum?

ilustrasi umrah (unsplash.com/Khawaja Umer Farooq)

Salah satu kewajiban yang dilakukan oleh umat Islam di tanah suci adalah umrah. Ibadah haji dan umrah pun ada dalam rukun Islam (bagi yang mampu). Berbeda dengan haji, umrah dapat dilakukan kapan saja tanpa adanya batasan waktu tertentu.

Tujuannya adalah untuk mengikuti teladan Rasulullah SAW dan melaksanakan ibadah sebagai bagian dari kewajiban umat muslim. Ada juga istilah umrah backpacker, apakah kamu pernah mendengarnya? Yuk, cari tahu apa itu umrah backpacker!

1. Apa itu umrah?

Ilustrasi umrah (Pexels.com/Mutahir Jamil)

Dalam buku Dahsyatnya Umrah: Rahasia Perjalanan Para Perindu Ibadah Umrah dari Dr. Khalid Abu Syadi, disebutkan bahwa umrah artinya adalah berkunjung. Makna umrah bisa merujuk pada berkunjung dan menyengaja.

Setiap orang yang melakukan ibadah haji diwajibkan untuk umrah. Secara aturan, umrah diwajibkan hanya satu kali saja. Tetapi melakukan umrah secara berkali-kali pun tetap disukai, apalagi jika dilakukan di bulan Ramadan.

Baca Juga: Doa Umrah Mabrur, Dibacakan saat Melakukan Tawaf!

2. Apa itu umrah backpacker?

ilustrasi umrah (pixabay.com/dinar_aulia)

Dalam bahasa Inggris, kata backpacker berasal dari backpack. Backpack sendiri adalah tas punggung atau tas ransel. Biasanya, kata itu disematkan kepada wisatawan atau turis yang membawa tas ransel. Baru-baru ini, istilah umrah backpacker menjadi perbincangan.

Umrah backpacker merujuk pada orang yang berangkat umrah dengan budget rendah. Umrah backpacker juga kerap disebut 'modal nekat'. Biasanya, umrah backpacker ini bisa dilakukan sendiri tanpa PPIU (travel umrah).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya