TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi si Manipulatif ala Kinan Layangan Putus

Sikap elegan Kinan yang patut disontek, nih! 

cuplikan serial Layangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Manipulatif adalah upaya ketika seseorang menggunakan strategi untuk mengendalikan, memiliki kekuasaan atas, atau mengorbankan orang lain. Biasanya orang manipulatif seakan-akan merasa bersalah, berbohong, membandingkan, menyalahkan atau memainkan perasaan dan pikiran korban, seperti yang dilakukan oleh Mas Aris (Reza Rahardian) terhadap Kinan (Putri Marino) pada series Layangan Putus.

Series viral yang satu ini memang tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, series yang mengangkat kisah seputar perselingkuhan dalam rumah tangga ini berhasil membuat para penonton ikut geram dengan sifat dan tingkah yang dilakukan Mas Aris maupun Lidya yang melakukan manipulatif terhadap Kinan.

Berikut ini lima tips menghadapi orang manipulatif ala Kinan di Layangan Putus. Simak sampai habis, ya!

1. Sadar bahwa sedang dimanipulasi 

cuplikan serial Layangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Yang membuat penonton berdecak kagum dengan karakter Kinan di series Layangan Putus adalah ia sadar bahwa sedang dimanipulasi oleh suaminya. Namun, Kinan memilih untuk tegas pada diri sendiri dan tetap fokus pada dirinya sebagai korban.

Yang dilakukan Kinan di series Layangan Putus adalah salah satu hal mendasar dan penting sekali disadari saat sedang berhadapan dengan orang manipulatif.

2. Hindari merasa bersalah 

cuplikan serial Layangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Sikap selanjutnya yang ditunjukkan Kinan di series Layangan Putus yaitu menghindari merasa bersalah karena posisinya adalah sebagai korban yang sesungguhnya. Hal ini mesti diketahui oleh semua orang saat berhadapan dengan orang manipulatif.

Pasalnya, banyak sekali perempuan maupun laki-laki di luaran sana yang sudah diselingkuhi oleh pasangannya, namun mereka malah menyalahkan diri sendiri dan akhirnya down lalu depresi.

Berbeda dengan sikap Kinan yang kuat dan berani menyadari bahwa ia adalah korban dengan posisi diselingkuhi oleh suaminya. Walaupun perasaannya hancur dan memendam rasa sakit hati yang mendalam, Kinan memilih untuk bangkit dan tidak bermental korban.

Baca Juga: Waspada 5 Trik Manipulatif dalam Pertemanan, Hati-hati Terjebak!

3. Lakukan komunikasi asertif 

cuplikan serial Layangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Komunikasi asertif adalah kemampuan mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain tanpa bermaksud menyerang orang lain. Hal ini telah dilakukan Kinan di series Layangan Putus.

Kinan mencoba berkomunikasi dengan Lidya dengan tujuan menunjukkan harga dirinya. Kinan juga menunjukkan bahwa ia tetap  kuat dan berdiri tegak walaupun rumah tangganya telah hancur. Penjelasan yang disampaikan oleh Kinan kepada Lidya pun jelas dan terarah sehingga ia tidak mudah goyah karena pendapat Lidya terhadap dirinya.

4. Tunjukkan kekuataan 

cuplikan serial Layangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Salah satu hal yang penting juga saat menghadapi orang manipulatif yaitu dengan menunjukkan kekuataanmu yang sesungguhnya. Seperti halnya yang dilakukan Kinan dengan menunjukkan kekuataan dirinya kepada Lidya bahwa ia kuat dan memiliki power yang takkan mudah digoyah oleh siapapun.

Contohnya saat Kinan berencana memenjarakan Mas Aris. Apapun yang disampaikan Lidya kepada Kinan, ia tak peduli. Baginya, ia adalah korban dan keadilan harus diperjuangkan. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Teman Manipulatif, Jangan Mudah Terhasut

Verified Writer

Nur Irdawana Nasution

Instagram @Irda_nasution17 "Let's learn new things every day"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya