TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan Baik tapi Gak Disukai Tuan Rumah saat Mengundang Tamu

Meski sopan, tapi bisa jadi merepotkan

ilustrasi mengetuk pintu (pexels.com/ron-lach

Pada momen tertentu terkadang kamu atau keluarga membuat acara yang mengundang tamu ke rumah. Tak selalu acara besar, bisa jadi hanya sekadar mengundang makan siang atau merayakan acara yang dihadiri orang terdekat saja.

Sebagai tuan rumah, sudah tentu kamu akan menyiapkan banyak hal. Mulai dari menyiapkan makanan, minuman, membersihkan rumah hingga melakukan dekorasi kecil. Hal ini tentu harus direncanakan dengan matang demi keberhasilan acara yang dibuat.

Namun terkadang tamu yang datang malah merepotkan, meskipun niatnya baik dan sopan. Inilah lima kebiasaan yang sepatutnya dihindari saat diundang ke rumah seseorang!

1. Datang lebih cepat dari jadwal yang ditentukan

ilustrasi beberapa wanita (unsplash.com/martzzl)

Ini adalah kebiasaan yang termasuk sering dilakukan oleh para tamu. Datang ke acara lebih cepat dari yang dijadwalkan. Jangan kira ini adalah kebiasaan yang membuat tuan rumah senang, karena pada dasarnya ini malah akan membuatnya semakin terburu-buru.

Sebab pasti tuan rumah masih membutuhkan waktu untuk menyiapkan banyak hal dan kedatanganmu yang tak terduga bisa membuatnya kaget. Datang lebih cepat sama tidak etisnya dengan datang lebih lambat. Dan sebaiknya ini gak dijadikan kebiasaan karena bikin tuan rumah gak nyaman.

Baca Juga: 5 Etika saat Diundang ke Nikahan Mantan, Jangan Baper!

2. Bersikeras untuk membantu saat datang

ilustrasi memegang piring (unsplash.com/joyreal328)

Bisa jadi kamu adalah tipikal orang yang sungkan melihat orang lain kerepotan. Apalagi jika kamu sedang bertamu ke rumahnya dan melihatnya sangat sibuk menyiapkan banyak hal. Namun bukan berarti bahwa ia sangat ingin dibantu olehmu.

Jika tuan rumah berkata tidak butuh bantuan maka jangan memaksa. Sudah pasti ia bisa menanganinya sendiri dan tak ingin merepotkan tamunya. Kamu cukup nikmati saja momen kunjunganmu dan kalau diminta bantuan barulah kamu boleh membantunya.

3. Membereskan piring atau peralatan yang kamu gunakan

ilustrasi peralatan makan (unsplash.com/brookelark)

Terkesan ingin berlaku sopan pada tuan rumah, tapi ini malah membuat mereka tidak nyaman. Sebab kamu adalah tamu yang diundang untuk datang, bukannya orang yang ditugaskan untuk membersihkan peralatan yang telah kamu gunakan.

Cukup tumpuk saja piring kotor yang telah digunakan dan letakkan di sisi meja. Setelahnya orang yang ditugaskan akan mengangkat peralatan tersebut untuk dibersihkan. Kamu cukup duduk dengan tenang dan gak perlu sibuk ikut berlalu lalang untuk membantu.

4. Merapikan meja atau dekorasi tanpa bertanya pada tuan rumah

ilustrasi makan bersama (pexels.com/nicole-michalou)

Ada beberapa karakter orang yang memang suka ikut campur. Hal ini akan menjadi sangat menyebalkan jika ia yang datang bertamu ke rumah orang.

Tamu gak berhak untuk merapikan meja yang telah dipersiapkan atau mendekor ulang beberapa bagian karena terlihat gak rapi. Sebab itu akan menyinggung perasaan tuan rumah karena terkesan tidak siap untuk mengundang tamu. Padahal bisa jadi ia telah bersusah payah menyiapkan banyak hal dan masih saja ada yang luput. Jadi, sebaiknya harga usahanya dan jangan menyulitkan tuan rumah.

Baca Juga: 6 Hal Penting Jadi Tuan Rumah, Bikin Tamu Betah

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya