TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Hubungan Terasa Hambar, Cinta Saja Gak Cukup!

Apakah kamu sedang merasakannya?

ilustrasi menikmati pemandangan bersama pasangan (unsplash.com/claybanks)

Perihal menjalin hubungan tentu tak semudah mengandalkan cinta dan kasih sayang saja. Di dalamnya juga ada banyak aspek lain yang harus dipenuhi agar hubungan bisa bertahan lama. Jika hanya berpikir kamu sudah memberikan cinta sepenuhnya, itu saja tidak cukup.

Terkadang meski kamu punya pasangan, tetapi hubungan terasa seperti tak bermakna dan hampa. Kamu harus segera mencari penyebab hubungan terasa hambar agar tetap harmonis dengan pasangan. Berikut merupakan lima hal yang bisa bikin hubunganmu terasa hambar!

1. Tak memberi kebebasan berekspresi bagi satu sama lain 

ilustrasi sebuah penolakan (unsplash.com/isaiahrustad)

Siapa yang suka jika hidupnya selalu dikekang? Apalagi orang yang paling sering melarang ini dan itu adalah pasanganmu sendiri. Tentu sangat tidak menyenangkan, bukan? Oleh karenanya, berikan kebebasan bagi satu sama lain.

Kamu bebas berekspresi dan juga berikan ia kebebasan berekspresi. Jika kalian bisa bebas menjadi diri sendiri, pasti dengan pasangan juga akan merasa nyaman. Kalian bisa saling menerima dan menjadi versi terbaik dari diri masing-masing.

2. Merasa tidak pernah didengarkan 

ilustrasi berpegangan tangan (unsplash.com/taylormae)

Jangan sepelekan persoalan komunikasi di dalam hubungan. Komunikasi akan melahirkan kenyamanan yang tentu sangat berharga. Jika pada pasangan sendiri saja ogah mendengarkan, lalu pada siapa lagi kamu akan bercerita?

Pastikan kalian bisa saling mendengarkan satu sama lain, karena di situlah letak kenyamanan dalam hubungan. Jiwa kalian akan menjadi penuh dengan kebahagiaan dan cinta kasih, serta terpenuhinya kebutuhan emosional.

Baca Juga: 5 Cara Melindungi Hubungan Cinta dari Orang Ketiga

3. Menjadikan pasangan seperti apa yang kamu mau 

ilustrasi pasangan (pexels.com/gabby-k)

Jangan pernah menjadikan orang lain seperti apa yang kamu inginkan. Itu sama saja kamu mencintai orang lain dengan pamrih. Kamu hanya mau dia menjadi versi terbaik menurut dirimu sendiri.

Meski hanya sebatas penampilan, kamu tak boleh memaksa pasangan untuk berpenampilan seperti yang kamu suka. Biarkan dia nyaman dengan apa yang disukainya dan merasa dihargai atas pilihannya tersebut.

4. Kurangnya perhatian dan rasa saling menghargai 

ilustrasi pasangan cemburu (pexels.com/budgeron-bach)

Sudah tentu perhatian adalah hal penting yang tak boleh luput dalam hubungan. Terkadang karena kamu telah berhasil mendapatkan dia, maka mengabaikan hal-hal kecil dalam dirinya. Dimana hal tersebut jika kamu beri perhatian akan membuat pasangan merasa istimewa.

Juga penting untuk selalu menghargai pasangan. Jangan sampai dirinya merasa sikapmu berubah tak seperti awal menjalin hubungan dulu. Seringnya begitu, mempertahankan hubungan akan terasa lebih sulit daripada mendapatkannya.

Baca Juga: 10 Quotes Drama Remarriage & Desires, Bicara Lika-liku Percintaan

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya