TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Pandang Usia, Ini 5 Tanda bahwa Kamu Punya Pola Pikir Dewasa

Karena yang tua belum tentu dewasa

pexels.com/Bruce Mars

Berbicara mengenai usia pasti tak asing lagi karena setiap manusia akan menua di setiap detiknya. Namun, semakin bertambahnya usia tak selalu menjamin dari semakin dewasanya pola pikir seseorang.

Kedewasaan dalam berpikir bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya pengalaman masa lalu, karakter seseorang dan juga lingkungan.

Tak pandang usia, coba kenali lima hal di bawah ini yang bisa menandakan bahwa kamu memiliki pola pikir yang dewasa. Yuk, cari tahu apa saja hal tersebut!

1. Mengambil keputusan dengan tidak tergesa-gesa 

unsplash.com/Sebastian Herman

Dalam setiap hal, kita akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Baik itu untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Setiap pilihan akan menghadirkan konsekuensi yang baik atau buruk.

Ketika kamu memiliki pola pikir dewasa, maka kamu akan lebih tenang sebelum memutuskan. Kamu bisa mempertimbangkan segala risiko yang mungkin hadir kemudian. Selain itu, kamu pun mampu bertanggung jawab atas keputusan yang diambil.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Marah tanpa Berpikir Itu Tidaklah Bijak & Dewasa

2. Tidak mudah terpancing emosi menghadapi masalah 

pixabay.com/Tumisu

Sering kali masalah yang datang mampu mengubah sikap seseorang. Kamu dapat melihat bagaimana kedewasaan seseorang saat menghadapi sebuah masalah. Ketika kamu memiliki pola pikir yang dewasa, maka sudah tentu kamu akan menghadapi masalah dengan kepala dingin.

Kamu bisa mencari jalan keluar ketimbang harus melibatkan emosi yang cenderung negatif. Berpikir rasional akan mempermudahmu mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

3. Melihat setiap hal dari berbagai sudut pandang 

unsplash.com/Edvin Johansson

Manusia cenderung bisa egois dan mementingkan satu sudut pandang terhadap suatu hal. Tetapi akan sangat baik jika kamu bisa mendapatkan berbagai sudut pandang, terutama dalam melihat suatu permasalahan.

Memandang dengan ‘kaca mata’ yang lebih luas akan membuatmu menemukan banyak perspektif. Membuatmu lebih bijak dan lebih dewasa dalam menyikapi berbagai hal.

4. Menghindari bertindak impulsif dan memaksakan kehendak 

unsplash.com/Jonathan Cosens

Ketika kamu memiliki pola pikir yang dewasa, maka sudah tentu kamu akan terhindar dari yang namanya bertindak impulsif. Bertindak impulsif cenderung mendorongmu untuk memaksakan kehendak.

Hal ini yang berarti bahwa kamu akan mengabaikan berbagai sudut pandang dalam melihat satu hal. Oleh karenanya, menghindari bertindak impulsif adalah satu cara bijak yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang benar-benar dewasa.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Buktikan Kamu Sudah Dewasa dalam Berpikir

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya