TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Berdamai dengan Jenuh di Tengah Perjuangan Menuju Sukses

Jangan berhenti sampai di sini

Ilustrasi wanita berwajah murung. (Pexels.com/Murilo Folgosi)

Buat kamu yang lagi sudah payah berjuang meraih kesuksesan, pasti pernah dong merasa semangatmu naik turun? Mungkin fase tersebut disebabkan oleh kejenuhan luar biasa yang selama ini kamu pendam. Bukan pertanda untuk mengakhiri perjuangan, itu adalah tantangan yang harus kamu atasi.

Perjuangan masih panjang, guys. Makanya kamu mesti bisa mencari jalan keluar buat melepas jenuh yang kerap mengganggu. Dijamin membantu, ini lima tips berdamai dengan jenuh di tengah perjuangan menuju sukses! 

1. Tenangkan diri dari keinginan untuk menyerah

Pexels.com/energepic.com

Jenuh kerap datang bersama keinginan untuk menyerah. Akibatnya, otakmu jadi terbebani karena diterpa pikiran-pikiran negatif. Boro-boro bisa melanjutkan perjuangan, mengumpulkan niat buat melakukan sesuatu saja rasanya sulit bukan main. Nah, supaya kamu gak beneran terjebak oleh kejenuhan, pertama-tama kamu harus mampu menenangkan diri. 

Baca Juga: 5 Mindset Ini Harus Dimiliki Pejuang Kesuksesan, Biar Gak Mudah Ngeluh

2. Ingat kembali proses yang telah kamu lewati

Pexels.com/Murilo Folgosi

Coba ingat-ingat kembali tentang perjalanan yang telah kamu lalui hingga saat ini. Pasti bukan hanya satu dua proses yang sudah berhasil dilewati, tapi lebih dari itu. Kilas balik akan membuka kesadaran bahwa jenuh yang sedang menghantuimu sesungguhnya bukanlah apa-apa, melainkan sebuah masalah yang wajib untuk kamu pecahkan sebijaksana mungkin.

3. Lakukan kegiatan menyenangkan di sela sibuk

Pexels.com/Te lensFix

Jangan ragu untuk beristirahat sejenak toh hidup gak harus selalu diisi dengan kesibukan. Di jeda waktu itu, lakukanlah kegiatan yang menyenangkan. Karena definisi menyenangkan tiap orang berbeda, pilih sesuai keinginanmu. Yang terpenting, pastikan sesi istirahat sejenak dari kesibukan dapat meningkatkan mood dan semangat kamu untuk berjuang kembali. 

4. Cari teman atau sarana buat saling berbagi

Unsplash.com/Omar Lopez

Saat kejenuhan melanda, ini saatnya kamu mencari tempat berbagi. Kamu gak sendirian, lho. Banyak kok, orang-orang yang memiliki minat yang sama denganmu. Cara termudah buat bertemu dengan mereka adalah dengan manfaatkan sarana berupa komunitas. Dari sanalah kamu dapat berbagi cerita, pengalaman, serta menimba banyak pengetahuan baru. 

Baca Juga: 8 Prinsip Sukses yang Perlu Kamu Terapkan Selagi Masih Muda

Verified Writer

Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya