TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biang Penyakit, Ini 7 Cara Berhenti dari Kebiasaan Overthinking

Kamu wajib tahu sebelum makin parah!

unsplash.com/@jeremyperkins

Berpikir memang bukanlah hal yang buruk, namun akan bermasalah jika kamu melakukannya secara berlebihan atau biasa disebut overthinking. Selain akan mengganggu mentalmu, berpikir terlalu berlebihan juga akan membuat kesehatanmu menurun.

Oleh sebab itu, kebiasaan tersebut tentunya harus segera kamu hilangkan dengan 7 cara berikut ini.

1. Buang jauh-jauh untuk keinginan selalu menjadi sempurna

unsplash.com/@mehdizadeh

Terobsesi menjadi sempurna merupakan faktor utama yang membuatmu selalu berpikir bagaimana caranya agar segala sesuatu berhasil dengan cara yang kamu inginkan. Jika kamu memiliki kebiasaan ini, sebaiknya kamu harus segera mengubah cara pola pikirmu. Kamu tak perlu menjadi sempurna untuk menjadi yang terbaik.

2. Jauhkan diri dari hal buruk yang dapat menganggumu

unsplash.com/@joshuaearle

Menjauhkan dirimu dari gangguan-gangguan yang bisa membuatmu menjadi berpikir berlebihan juga sangat penting untukmu. Lakukan suatu kegiatan atau seperti tugas sehari-harimu yang bisa membuatmu terhindar dari gangguan.

Baca Juga: Coba 8 Cara Ini untuk Membantumu Berhenti Overthinking, Sayangi Dirimu

3. Mengatur pola tidur menjadi lebih berkualitas

unsplash.com/@all_who_wander

Pola tidur juga sangat berpengaruh dengan kebiasaan kamu yang suka overthinking. Kurangnya istirahat akan membuatmu cepat lelah dan kurang fokus yang menyebabkan emosi tidak stabil dan membuat kamu berpikir yang tak terlalu penting. Maka dari itu sebaiknya kamu mulai mengatur pola tidurmu yang baik dan berkualitas.

4. Olahraga

unsplash.com/@alexandermils

Tanpa kamu sadari dengan berolahraga juga dapat mengurangi kebiasaanmu yang satu ini. Olahraga ternyata bisa melepas ketegangan dan kekhawatiran yang ada di benakmu. Jadi, sebisa mungkin untuk menyempatkan dirimu melakukan olahraga meski hanya sebentar.

5. Habiskan waktumu dengan teman atau keluarga

unsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Hal yang paling ampuh dalam menghilangkan overthinking yaitu dengan berkumpul menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekatmu seperti sahabat maupun keluarga. Saat berada di orang-orang terdekatmu, tanpa disadari kamu akan melupakan masalah-masalah yang selalu kamu pikirkan.

6. Menyadari kalau kamu tidak bisa mengontrol segalanya

unsplash.com/@heyisti

Kamu bukan mesin atau manusia super yang bisa mengontrol segalanya. Cukup lakukan sebisanya atau kamu bisa melakukan hal-hal kecil yang lebih mudah diatasi secara perlahan. Jika kamu melakukan kesalahan, cobalah untuk berlapang dada dan belajar untuk memperbaiki atau menghindari kesalahan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Cara Hindari Sikap Overthinking pada Pasangan, Tetap Rileks Please!

Verified Writer

Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya