TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kualitas Diri yang Hanya Dimiliki Orang Pernah Hidup Susah

Kamu termasuk?

dramabeans.com

If you’re born poor, it’s not your mistake. But, if you die poor, it’s your mistake.” Bill Gates

Jika kamu terlahir miskin itu bukan salahmu. Tapi kalau kamu mati dalam keadaan miskin itu salahmu. Nggak semua manusia lahir dari keluarga kaya raya, hanya sebagian orang yang beruntung yang bisa merasakan hidup nyaman sedari lahir.

Sebagiannya lagi harus sabar menjalani hidup yang tidak mudah. Untuk kamu yang merasa dirinya kurang beruntung karena pernah merasakan hidup yang susah, jangan berkecil hati karena Tuhan sedang membuatmu menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

1. Memiliki mental yang kuat.

kdramapal.com

Orang-orang yang pernah menjalani kehidupan yang sulit biasanya akan memiliki mental yang kuat. Hidup serba kekurangan membuat mereka lebih dulu mengerti bahwa hidup itu keras jadi ketika dihadapkan pada masalah, mereka sudah siap bahkan untuk kemungkinan terburuknya.

2. Pekerja keras.

viki.com

Hidup yang sulit membuat mereka harus berjuang lebih keras daripada orang lain untuk mendapatkan sesuatu. Karena terbiasa berjuang lebih keras dibanding orang lain makanya orang-orang yang pernah hidup susah cenderung memiliki sifat pekerja keras. Ia perlu bekerja sendiri untuk mengubah nasibnya atau mendapatkan apa yang ia inginkan tanpa dibantu orang lain.

3. Tidak takut gagal.

kbs.com

Kegagalan memang adalah fase yang harus dilalui sebelum berhasil. Jarang sekali ada orang yang bisa berhasil dalam sekali percobaan. Semangat untuk bisa merubah keadaan dan karena memang mereka sudah terbiasa dengan hidup susah membuat mereka lebih berani dalam mencoba peluang yang ada.

4. Peka dengan keadaan sekitar.

dramabeans.com

Karena pernah mengalami fase kehidupan yang sulit, orang yang pernah hidup susah biasanya lebih peka dengan keadaan sekitar. Mengetahui keras dan sulitnya hidup membuat mereka lebih peka akan kesulitan oranglain.

5. Menghargai pertemanan.

kshows.me

Orang yang pernah hidup susah biasanya membangun pertemanan tanpa memandang materi dan status sosial. Mereka tidak akan menolak pertemanan hanya karena merasa orang itu tidak berada pada level yang sama dengannya. Karena mereka berteman tanpa memandang status sosial maka pertemanan yang mereka jalin biasanya lebih tulus.

Verified Writer

Ruuru

Everything will work out someday

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya