TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadikan Pelajaran, Ini 5 Makna Positif dari Kegagalan

Bukan berarti langkahmu terhenti saat itu juga

ilustrasi pribadi yang kuat (unsplash.com/Sydney Sims)

Saat menjalani kehidupan, kita sadar bahwa tak semuanya memang bisa berjalan sesuai dengan keinginan. Kadangkala, kita harus paham bahwa rasa pahit itu juga perlu dirasakan sebagai proses pendewasaan diri.

Begitu juga dengan yang namanya kegagalan. Di balik kesuksesan nama-nama orang terkenal seperti Bill Gates, Mark Zuckerbeg, dan lain sebagainya tentunya ada jalan panjang yang mereka harus lalui terlebih dahulu. Sebelum sukses, gagal adalah teman sejati kita. Walau menyakitkan, namun kita juga bisa belajar banyak hal dari kegagalan itu sendiri.

Berikut 5 alasan kegagalan selalu memberikan pelajaran kepada manusia. Simak baik-baik, ya!

1. Memberi arti bahwa kamu harus lebih berusaha lagi

ilustrasi berjalan (unsplash.com/Daniel Cekhalov)

Saat merasakan kegagalan untuk pertama kalinya, bukan berarti impianmu berakhir saat itu juga. Seperti kalimat yang biasa dilontarkan banyak orang, ada banyak jalan menuju roma. Nah, inilah hal yang sama terhadap orang-orang dalam proses mencapai impiannya.

Namun kadangkala, sebuah kegagalan memang tak bisa dihindarkan lagi. Kegagalan tersebut pun tak boleh kamu lihat dari satu sisi saja. Misalnya dengan melihat kegagalan memberi arti kepadamu jika ingin menggapai impian dengan sungguh-sungguh, maka usahanya harus berlipat ganda juga. Kamu ingat kan, bersusah-susah dahulu lalu bersenang-senang kemudian? Semangat!

2. Bisa saja, Tuhan telah mempersiapkan rezeki lebih baik dari yang kamu inginkan

ilustrasi orang frustasi (unsplash.com/Fransisco Moreno)

Apa sih hal yang paling kamu inginkan saat ini? Mungkin bisa saja datang dari pekerjaan idaman, masa depan yang cerah, masuk kampus impian dan lain sebagainya. Tetapi saat telah meminta sesuatu kepada Tuhan namun tak kunjung terwujud malah kamu terus-terusan gagal menggapainya, bukan berarti langkahmu berhenti, ya!

Sadar gak sih, mungkin saja dengan kegagalan itu Tuhan telah mempersiapkan hal yang lebih baik dari yang kamu pikirkan sebelumnya. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah terus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jika sukses maka bersyukur, jika gagal maka yakinkan diri bahwa akan ada ganti yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Menerima Kegagalan Agar Tetap Semangat

3. Melatih ketekunan dan kerja keras

ilustrasi berjalan (unsplash.com/Dmitry Schemelev)

Orang yang sukses berasal dari jiwa tekun dan pekerja keras yang tak lelahnya terus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin. Saat menginginkan sesuatu, tekunilah dengan sungguh-sungguh maka kamu akan mendapatkan hasilnya.

Berhubungan dengan poin 1 yakni kegagalan akan menjadi pengingat agar kamu harus berusaha lebih, maka output selanjutnya ialah ketekunan dan rasa kerja keras yang semakin meningkat dalam diri. Dengan terus berlatih, percayakan pada dirimu sendiri kalau hasilnya akan jauh lebih indah dari apa yang telah kamu lakukan.

4. Menjadi pribadi yang lebih kuat

ilustrasi pribadi yang kuat (unsplash.com/Zac Durrant)

Kegagalan menjadi kawan yang akan selalu menemani dalam kehidupan manusia. Ia akan menghampiri selama proses tersebut, namun kehadirannya benar-benar bernilai bagi setiap orang. Salah satunya menjadikan dirimu sebagai pribadi yang kuat, tak mudah pecah walau jatuh dihantam kenyataan.

Mental yang semakin kuat menjadikan dirimu beda dari yang lain. Kamu pun akan dengan mudah alias mencolok di tengah-tengah kelompok orang. Jadi, jika ada hambatan sedikit, dirimu tidak tersentil sedikitpun karena jiwa kuat telah tertanam pada dirimu!

Baca Juga: 5 Respons Terbaik Saat Kamu Menemui Kegagalan

Verified Writer

Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya