TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Kalau Ada yang Tidak Menyukaimu

Coba cari tahu penyebabnya

unsplash/christian ferrer

Dalam hidup, salah satu kenyataan penting yang harus kita sadari dan terima adalah bahwa mustahil untuk menyenangkan semua orang. Sebaik apapun kita, pasti ada saja orang yang gak suka. Nah, biasanya, cara terbaik untuk menghadapinya adalah mengabaikannya saja. Terutama kalau orang yang gak suka itu gak berpengaruh banyak pada hidup kita.

Tapi gimana kalau orang yang gak suka padamu itu kebetulan adalah orang yang berpengaruh buat hidupmu? Misalnya teman kuliah, teman kerja, atau bahkan saudara? Tentu gak bijaksana untuk langsung mengabaikannya begitu saja. Terus gimana dong? Inilah 7 hal yang perlu kamu lakukan seandainya itu terjadi.

1. Pastikan dulu kebenarannya

pexels/fauxels

Pertama, cobalah berbaik sangka dulu. Jangan-jangan sebenarnya dia bukannya gak menyukaimu, alias kamu hanya salah paham. Mungkin kamu mengira dia gak suka padamu karena tampangnya yang jutek saat berbicara denganmu, namun ternyata itu karena dia sedang stres saja.

Atau mungkin cara bicaranya cenderung kasar kepadamu. Tapi setelah kamu perhatikan, ternyata memang begitulah cara dia berbicara kepada semua orang, bukan kepada kamu saja. Nah, kalau yang terjadi hanya salah paham seperti itu, kamu bisa lega. Ternyata dia gak benar-benar gak suka padamu kok.

2. Tetaplah bersikap seperti biasa

unsplash/Annie Spratt

Tapi bagaimana kalau kamu yakin bahwa dia memang gak suka padamu? Pertama-tama, bersikaplah biasa saja kepadanya. Tidak perlu tiba-tiba jadi super baik kepadanya supaya dia menyukaimu. Itu malah bisa membuatnya tambah kesal karena dia mengira kamu sedang mencoba menjilat.

Tapi tentu jangan pula jadi kasar kepadanya, karena efek yang terjadi pun bisa sama buruknya. Intinya, tetaplah jaga sikapmu kepadanya seperti yang biasa kamu tunjukkan kepada semua orang.

Baca Juga: 8 Tipe Kepribadian Ini Paling Disukai Banyak Orang, Kamu?

3. Ajak ngobrol

unsplash/Trung Thanh

Setelah itu, cobalah ambil inisiatif untuk mengajaknya ngobrol. Buat menjadi senatural mungkin, seperti kamu mengajak ngobrol orang-orang di sekitarmu. Kalau dia menyambut, pelan-pelan kamu bisa arahkan obrolan sampai pada topik kenapa dia gak menyukaimu. Dalam suasana yang santai biasanya orang lebih mudah jujur.

Tapi bagaimana kalau dia menutup diri waktu kamu ajak ngobrol? Maka kamu bisa langsung to the point dan bertanya kenapa dia gak suka padamu. Siapa tahu dengan didesak seperti itu dia jadi mau berterus terang. Apapun caranya, coba cari tahu apa sebab dia gak menyukaimu supaya kamu bisa tahu harus berbuat apa.

4. Bersedialah minta maaf dan memperbaiki diri

aconsciousrethink.com

Kalau ternyata penyebab dia gak menyukaimu cuma karena salah paham semata, maka kamu hanya perlu meluruskan salah paham itu. Tapi kalau penyebabnya adalah kesalahanmu padanya, maka bersedialah untuk minta maaf. Bersedialah juga untuk memperbaiki diri kalau ada sifatmu yang memang menyebalkan, supaya orang yang gak suka padamu gak makin bertambah.

5. Dekati orang-orang yang dekat dengannya

unsplash/Eliott Reyna

Lalu gimana kalau dia tetap gak mau bilang apa penyebab dia gak suka padamu? Ada hal lain yang bisa kamu lakukan, yaitu mendekati orang-orang yang dekat dengannya, misalnya teman-temannya. Mungkin mereka bisa memberitahumu apa sebab dia gak suka padamu.

Selain itu, kalau kamu bisa akrab dengan orang-orang yang dekat dengannya, kemungkinan besar rasa tidak sukanya padamu akan berkurang. Dia akan memandangmu sebagai teman dari temannya, sehingga bisa jadi perlahan-lahan dia akan mulai mengubah pandangannya tentangmu.

6. Jika dia mulai menyakitimu, mintalah bantuan pada orang lain

techsafety.org

Bagaimana kalau itu semua gak berhasil, dan dia masih tetap gak suka padamu? Saatnya untuk mulai menerima keadaan itu. Mungkin dia memang adalah hater-mu, dan gak ada yang bisa kamu lakukan untuk mengubahnya. Maka sebisa mungkin abaikan saja dia dan gak usah berurusan dengannya.

Tapi kalau dia mulai menyakitimu atau melakukan hal-hal yang merugikanmu, kamu gak harus diam saja. Mintalah bantuan orang lain, kalau perlu pihak berwenang. Bisa jadi, tindakan tegas dari pihak berwenang akan membuatnya sadar bahwa kebenciannya sudah keterlaluan, dan mungkin itu akan mendorongnya untuk berubah.

Baca Juga: 5 Hal Kecil yang Dapat Memicu Rasa Benci dalam Hubungan

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya