TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelajaran yang Dapat Diambil dari Sebatang Pohon, Wajib Ditiru!

#GoodLife Pohon saja bermanfaat, kenapa kita tidak?

wallpapersden.com

Pohon menjadi tanaman yang dapat dengan mudah kita temui. Baik tinggi maupun rendah, pohon banyak memiliki manfaat bagi makhluk hidup di sekitarnya. Tetapi, seringkali pohon dirusak oleh manusia untuk kepentingan pribadi.

Pohon tidak hanya memberi manfaat dengan nilai ekonomis, tetapi juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan pelajaran hidup. Nah, mari kita lihat pelajaran hidup apa yang dapat diambil dari sebatang pohon.

1. Prinsip hidup yang tangguh

creativelyunited.org

Pohon pada dasarnya akan terus tumbuh hingga tinggi. Prinsip hidupnya yang tangguh bisa kita tiru yakni kita harus berpegang pada prinsip yang kita yakini hingga kita dewasa. Dengan memegang prinsip, kita bisa bertahan dalam situasi sulit yang kita hadapi.

Baca Juga: 6 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kultur Hip Hop

2. Kesabaran yang kuat

Instagram.com/exploreindonesia

Pohon tidak pernah marah saat orang melukainya, memukulnya, bahkan melemparnya dengan batu. Tetapi, pohon membalasnya dengan buah. Sifat inilah yang harus kita gunakan dalam kehidupan. Saat kita dicemooh dan diremehkan, balaslah dengan kesuksesan.

3. Memberi banyak manfaat

artimage.org

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari pohon. Hampir semua bagian yang ada di pohon bisa kita manfaatkan. Begitu pula kita di saat kita sukses, kita juga harus bermanfaat bagi lingkungan kita. Tidak hanya bermanfaat dengan materi saja, tetapi juga dengan ilmu yang kita miliki.

4. Sebagai pelindung

tukangngetrip.blogspot.com

Sifat ini bisa kita tiru dari daun yang ada di pohon. Daun sebagai pelindung bagian bawah pohon dari segala gangguan. Selain itu, batangnya yang rindang juga menjadi tempat berlindung. Sama halnya dengan kita, kita juga harus menjadi pelindung bagi diri kita sendiri. Tetapi, kita juga harus bisa menjadi pelindung bagi orang-orang yang ada disekitar kita.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Semut

Verified Writer

Raffi Aldhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya