TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyambut Datangnya Bulan Ramadan

Sudah siap berpuasa lagi?

ilustrasi buka puasa bersama (pexels.com/Thirdman)

Bulan Ramadan adalah waktu yang kedatangannya selalu dirindukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Pahala dilipat gandakan, di momen ini banyak orang berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah sebanyak dan sebaik mungkin.

Guna menyambut bulan puasa dengan lebih baik, kamu bisa menyiapkan beberapa hal yang akan menunjang kualitas ibadahmu. Apa saja? Yuk simak tips di bawah ini!

1. Bersihkan rumah secara menyeluruh

ilustrasi membersihkan rumah (pexels.com/RODNAE Productions)

Puasa merupakan ibadah yang menyehatkan karena bisa membersihkan tubuh dari berbagai hal yang tidak sehat. Hal ini pun berlaku untuk hunian. Jangan lupa untuk membersihkan rumah sebelum Ramadan tiba agar penghuninya merasakan kenyamanan.

Membersihkan setiap bagian rumah secara menyeluruh akan membuat tempat tinggal tersebut bebas dari debu dan kotoran. Kamu pun bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang di hunian yang bersih dan nyaman.

Baca Juga: Ucapan Ramadan Kareem atau Ramadan Mubarak, Mana yang Tepat?

2. Atur ulang tata letak perabotan

ilustrasi mengatur letak perabotan (pexels.com/Blue Bird)

Supaya rumah terlihat lebih fresh, tidak ada salahnya untuk mengambil pertimbangan menata ulang kembali perabotan di rumah. Kamu bisa mencari inspirasi desain interior dengan mudah di internet. Sesuaikan dengan tipe ruangan dan perabotan yang kamu miliki agar hasilnya lebih baik.

Menciptakan suasana rumah yang tampak baru ini juga berguna untuk menyambut Idul Fitri, di mana keluarga besar biasanya akan datang berkumpul. Tentu momen yang dihabiskan bersama keluarga akan lebih istimewa bila suasana rumah terasa nyaman, bukan?

3. Dekorasi musala menjadi lebih estetik

ilustrasi salat berjamaah (pexels.com/RODNAE Productions)

Musala adalah tempat yang penting bagi umat Islam ketika beribadah di rumah. Terlebih di bulan Ramadan, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu di tempat ini untuk melakukan ibadah wajib maupun sunnah.

Oleh karena itu, membuat musala terasa nyaman adalah pilihan tepat yang bisa dilakukan. Kamu bisa membersihkan tempat tersebut secara menyeluruh. Supaya terlihat lebih indah, rapikan seluruh barang-barang dan tambahkan dekorasi yang sesuai. Musala akan terlihat estetik dan kamu jadi semakin semangat beribadah.

4. Cuci semua atribut untuk ibadah

ilustrasi laundry (pexels.com/Darya Sannikova)

Selain membersihkan musala, atribut untuk sholat juga tidak boleh terlewat untuk dibersihkan. Cucilah mukena, sarung, sajadah, atau karpet yang kamu gunakan untuk ibadah hingga benar-benar bersih dan wangi.

Setelah itu, letakkan kembali dengan rapi pada tempat yang telah disediakan. Atribut yang bersih akan membuat ibadah semakin khidmat.

Baca Juga: 10 Kota dengan Waktu Puasa Ramadan Tersingkat di Dunia, Mengejutkan!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya