TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tipe Orang yang Perlu Dihindari dalam Interaksi Sehari-hari

Berhadapan dengan mereka seperti menguras seluruh energi

ilustrasi bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Manusia adalah makhluk yang kompleks. Tidak ada orang yang karakternya sama persis, sekali pun terlahir kembar. Oleh sebab itu, memang diperlukan kebijaksanaan dalam melakukan interaksi sosial mengingat adanya keberagaman tersebut. Setiap orang harus siap untuk berhadapan dengan siapa saja, termasuk pribadi yang sifatnya sama sekali berbeda.

Namun demikian, tidak dapat dimungkiri bahwa berinteraksi dengan tipe orang tertentu memang menjadi tantangan tersendiri. Mereka memiliki karakter yang sungguh sulit untuk “ditakhlukkan”, bahkan cenderung menciptakan adanya permasalahan maka sebaikna dihindari. Kalau tidak punya pengendalian diri yang baik, maka kamu bisa kesal dibuatnya. Lantas, orang-orang seperti apa yang dimaksud? Simak penjelasannya dalam rangkuman berikut ini, ya!

Baca Juga: 7 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Selagi Muda, Apa Saja?

1. Orang yang sering tidak menyadari kesalahannya

ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu tentu sepakat bahwa salah satu “ujian” terberat dalam hidup bermasyarakat adalah saat tidak ada pilihan selain harus berhadapan dengan sosok yang tone deaf. Orang-orang ini sama sekali tidak menyadari bahwa dirinya melakukan kesalahan. Sekali pun diingatkan dengan cara yang halus sampai terang-terangan, mereka tetap membela diri dan merasa paling benar.

Berurusan langsung dengan pribadi yang demikian memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena emosi jadi tidak stabil. Kalau tidak dihadapi dengan strategi yang tepat, justru kamu yang akan mengalami frustrasi. Jika memang memungkinkan, sebaiknya hindari orang-orang semacam ini bila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Lebih baik simpan energimu untuk melakukan kebaikan, ya!

Baca Juga: 6 Hal yang Dihindari saat Jadi Tuan Rumah Pesta Valentine 

2. Orang yang tidak bisa menjaga kata-katanya

ilustrasi dua orang yang sedang bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Kemampuan seseorang dalam bertutur kata cukup mencerminkan bagaimana kepribadiannya yang sesungguhnya. Sosok yang baik akan sangat berhati-hati dalam memilih diksi karena dia paham bahwa kata-kata yang kurang tepat bisa menciptakan makna yang jauh berbeda, bahkan berpotensi menyakiti hati orang lain. Nah, ada pula orang yang bicaranya sungguh asal, tidak peduli apakah perkataannya pantas diucapkan atau tidak.

Orang seperti itu sering kali dihindari di dalam kehidupan bermasyarakat. Bagaimana tidak, meski mereka yang berbuat salah, tetapi orang lain yang bisa menanggung rasa malunya akibat kata-kata kurang sopan yang dilontarkan. Jadi, sebaiknya kamu berhati-hati betul bila terpaksa harus berhadapan dengan orang dengan sifat yang demikian agar tidak mendapatkan kerugian.

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya