TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Mudah untuk Mengatasi Kebosanan terhadap Rutinitas Harian

Coba lakukan aktivitas yang baru, yuk!

ilustrasi seseorang yang sedang merasa bosan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Disibukkan dengan beragam kegiatan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari memang pada suatu titik dapat menimbulkan rasa bosan. Di saat seperti ini, rasanya motivasi untuk melakukan hal-hal kecil pun tidak dapat ditemui, hilang entah ke mana.

Tidak heran, pekerjaan banyak yang menumpuk dan sulit untuk dikerjakan dengan baik, bahkan sebagian tidak dapat diselesaikan saat itu juga. Kondisi ini sangat wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Siapa yang tidak bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja?

Namun, jangan khawatir jika kamu sedang berada di fase yang berat ini. Pasalnya, kebosanan yang melanda itu ternyata bisa diatasi dengan cara-cara yang cukup mudah. Kamu bisa mempraktikkan beberapa tips berikut ini dan perlahan akan kembali seperti sedia kala.

Baca Juga: 7 Rutinitas yang Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi di Tempat Kerja

1. Renungkan apa yang sebenarnya membuatmu bosan

ilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak ada asap kalau tidak ada api. Setiap permasalahan tentu dipicu oleh suatu hal, tidak terkecuali pada situasi membosankan yang sedang kamu rasakan saat ini. Mungkin kamu hanya tahu bahwa sedang bosan untuk melakukan apa pun. Namun, tidak benar-benar tahu alasan dibalik kejadian tersebut.

Oleh sebab itu, cobalah untuk merenungkan apa yang sebenarnya membuatmu bosan. Tindakan ini sangat penting untuk menemukan akar permasalahan, sehingga membantumu menentukan solusi yang paling tepat.

Sebagai contoh, kamu bosan karena setiap hari berangkat kerja lewat jalan yang sama. Nah, sesekali menempuh jalur yang berbeda tidak akan menjadi masalah. Pemandangan baru yang kamu temukan bisa menimbulkan kesenangan kecil, sehingga kejenuhan itu bisa dikurangi.

2. Biarkan dirimu menikmati waktu istirahat

ilustrasi seseorang yang sedang bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebosanan yang sangat parah juga bisa dipicu oleh kerja yang terlalu keras. Melakukan beragam aktivitas setiap hari, baik di rumah mau pun tempat kerja, memang dapat membuat tubuh begitu lelah dan pikiran terasa sangat penat. Akibatnya, pada suatu titik, rasanya tidak ingin melakukan apa pun saking sudah jenuh.

Jangan biarkan kondisi ini terjadi berlarut-larut. Jika memang merasa bosan dan tidak termotivasi untuk mengerjakan bahkan aktivitas kecil, biarkan dirimu menikmati momen istirahat.

Ambil jeda selama beberapa waktu yang diperlukan sampai energi kembali terisi. Perlahan tetapi pasti, kebosanan itu akan hilang seiring dengan pikiran yang sudah kembali segar. Siap menghadapi hari lagi, deh!

Baca Juga: 7 Tips Menghadapi Rutinitas Monoton, Yuk Temukan Hobi Baru

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya