TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bukti Ini Menunjukkan bahwa Kamu Cocok Dianggap si Kepala Batu

Kerasnya mengalahkan batu, nih!

https://unsplash.com/@japhethmast

Watak merupakan sifat bawaan manusia yang memengaruhi tingkah laku dan pikiran. Salah satu watak yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, yaitu keras kepala. Sedihnya, banyak yang bilang kalau watak gak bisa diubah. Gak seratus persen benar, sih. Itu karena ada juga yang ternyata berhasil meredam watak ini asalkan ada kemauan.

Berikut ini adalah lima ciri-ciri bahwa kamu termasuk orang yang susah dibilang alias keras kepala. Apakah kamu termasuk?

1. Gengsi kalau sudah urusan minta tolong

https://unsplash.com/@sammanns94

Selama bisa melakukan semuanya sendirian, kamu akan bertahan untuk mengerjakannya tanpa bantuan orang lain. Buruknya, pekerjaan paling berat pun akan semaksimal mungkin kamu kerjakan tanpa memikirkan bagaimana dampaknya terhadap dirimu.

Kamu menganggap bahwa ditolong orang lain sama saja mencoreng harga dirimu. Pokoknya, ada aja pikiran negatif menghadang. Padahal, apa yang dipikirkan orang saat ingin membantumu tidak seburuk yang kamu pikirkan, lho.

Baca Juga: Masih Keras Kepala? Kalau Iya, Kamu Bakal Mengalami 8 Hal Ini   

2. Setiap ada perdebatan, argumentasimu harus diterima

https://unsplash.com/@iyolanda

Mempertahankan argumentasi yang salah adalah ciri-ciri si kepala batu. Kamu terlalu yakin bahwa gak ada pendapat yang paling benar selain pendapatmu. Buah pikiranmu layak diterima sebagai masukan atas setiap kondisi yang terjadi. Argumentasi orang lain seakan-akan kurang tepat dan gak solutif.

3. Tidak mau mengalah dalam hal apa pun

https://unsplash.com/@artur_nasyrov

Bagi si kepala batu, diam tak bersuara bukanlah emas, apalagi sampai mengalah dan pasrah. Prinsipmu harus berkoar-koar sampai lawan bicara terdiam. Itu karena ketika orang lain menang saat berargumentasi, harga dirimu seolah terinjak-injak.

4. Nekat, meski sudah diberi tahu berulang-ulang

https://unsplash.com/@stairhopper

Bukan saja kepala yang keras, pola pikir pun sudah membatu. Masih bisa dipakai untuk berpikir, sih. Namun, apa pun perkataan orang akan memantul kembali alias jadi angin lalu. Bahkan, ketika saran tersebut sebenarnya baik untukmu, tanpa pakai pikir panjang, kamu akan tegas berkata tidak.

Baca Juga: 7 Alasan Sah Cewek Keras Kepala Masih Layak Diperjuangkan

Verified Writer

Ribka Damanik

musik, dance, menulis, dan hal-_hal berbau fun adalah penyeimbang hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya