TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tanpa Disadari, Ternyata 5 Hal Sepele Ini Bikin Sahabatmu Menjauh

Cek deh, apakah kamu memperlakukan sahabatmu seperti ini?

Pexels.com/Helena Lopes

Siapa sih yang tidak punya sahabat? Orang yang membuat kamu bisa lebih terbuka akan dirimu, kehidupanmu, termasuk masalahmu. Kebayangkan ketika bareng sahabatmu, kamu dan doi seolah memiliki frekuensi yang sama, tertawa lepas tanpa tahu alasannya. Tetapi, sekarang dia mulai menjauh, menjaga jarak denganmu. Kalau benar, bisa jadi kamu telah melakukan hal-hal berikut.

1. Kamu gampang sakit hati

unsplash.com/Matheus Ferrero

Namanya juga persahabatan, harus siap sakit hati, terkhusus ketika sahabatmu membuat lelucon yang mungkin kamu tidak suka. Kalau memang kamu tersinggung, atau terganggu dengan leluconnya katakan dengan santai. Jika kalian berkumpul dengan teman lainnya, berilah "kode", atau coba mengganti topik pembicaraan. Buat dia mengerti maksudmu tanpa mempermalukannya.

Baca Juga: Perlu Dicoba, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Persahabatan Awet

2. Sering menyombongkan diri

Unsplash.com/Jason Rosewell

Siapa sih yang betah mendengar orang yang suka menyombangkan diri? Apalagi ketika kamu menyombongkan diri, kamu membuat doi terlihat "tidak mampu". Kamu harus belajar membedakan mana yang sekedar lelucon dan mana yang sudah "merendahkan" orang lain.

3. Kamu cemburuan

Unsplash.com/Christian Fregnan

Jangan berpikiran kalau dia hanya bersahabat dengan kamu saja. Jangan kaget kalau dia juga akrab dengan orang lain. Jangan juga sibuk menanyakan tentang sahabatnya. Sikap 'kepo" yang berlebihan itu bisa membuat risih sahabatmu lho!

4. Teguranmu cuma "tong kosong"

Gratisography.com

Rasa "sok tau" sering memicu pertengkaran. Ketika kamu menasihati doi, seolah kamu mengetahui segalanya, bisa jadi kamu malah memperkeruh suasana. Memang baik memberi nasihat kepada sahabatmu, tetapi kamu perlu melihatnya dari segala kondisi, mencari tahu keadaan sebenarnya, bukan dari sudut pandang kamu saja. Bisa jadi ada masalah juga dengan keluarga, keuangan, kuliah, atau pacarnya yang mungkin belum kamu tahu sepenuhnya.

Baca Juga: Sahabatmu Lagi Marah? Lakuin 5 Permintaan Maaf Ini buat Meluluhkannya!

Verified Writer

Taoto SP

Normal people. Be kind :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya