TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Petugas KPPS, Shella Beberkan Manfaat Miliki JKN

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

Warga memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk pendaftaran aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di kawasan Pasar Tradisional Johar Semarang, Jumat (14/7/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Jakarta, IDN Times - Pemilu 2024 telah berlalu, tetapi suasana semangat pesta demokrasi masih terasa sampai saat ini. Tidak terkecuali bagi Shella Pradila (26), yang pada tahun ini menjadi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Shella bertugas dalam penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayah Pademangan. Sebelum pelaksanaan pemilu, ia diimbau untuk melakukan skrining kesehatan.

1. Skrining kesehatan dapat dilakukan melalui website

Shella Pradila (26), petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas dalam penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan surat suara di TPS wilayah Pademangan. (dok. BPJS Kesehatan)

Menurut keterangan Shella, salah satu syarat pendaftaran petugas KPPS adalah sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika yang dibuktikan melalui surat keterangan sehat dari puskesmas, klinik, atau rumah sakit. 

Adapun pengisian skrining kesehatan ini dapat dilakukan melalui website yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. 

“Setelah terpilih dan dilantik, saat rapat persiapan, kami diimbau untuk melakukan skrining kesehatan melalui web. Untungnya saya sudah pernah mengisi sebelumnya di Aplikasi Mobile JKN. Menurut saya, skrining kesehatan itu untuk mengetahui risiko penyakit yang dapat kita derita dari kebiasaan sehari-hari,” tutur Shella. 

Baca Juga: BPJS Kesehatan: 626 Ribu Petugas Pemilu 2024 Akses Layanan JKN

2. Telah menjadi peserta JKN selama sepuluh tahun

ilustrasi BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Shella pun telah merasakan bahwa pentingnya setiap orang mengetahui risiko penyakit diri sendiri dan memiliki jaminan kesehatan. Ia menilai, saat ini JKN menjadi pilihan yang sangat baik, terutama bagi orang-orang yang memiliki risiko kesehatan. 

Contohnya pada saat ia menjadi petugas KPPS yang bertugas dari pagi hingga tengah malam. Menurutnya, dengan waktu kerja yang lama, tanpa disadari akan menurunkan tingkat kesehatan seseorang. Untuk itu, perlu dipastikan memiliki JKN dalam keadaan aktif apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, penting bagi saya untuk menjaga stamina dan fokus. Saya memastikan telah istirahat yang cukup, mengisi perut dengan makanan, dan minum vitamin. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan aktivitas apa pun tanpa takut akan lelah dan jatuh sakit,” ungkap Shella. 

Shella mengungkapkan bahwa dirinya sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama sepuluh tahun, sehingga skrining kesehatan bukanlah hal baru, sehingga setiap tahunnya ia selalu melakukan tanpa diimbau. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya