TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kegiatan Positif Bagi Anak Rantau yang Gak Bisa Mudik

Gak harus sedih, kok!

ilustrasi arus mudik (pexels.com/Pixabay)

Mudik merupakan tradisi tahunan yang selalu dinanti-nantikan oleh perantau. Namun, ada beberapa faktor dan kondisi yang menyebabkan kita tidak bisa mudik. Bagi anak rantau yang tidak bisa mudik, rasa rindu pada keluarga dan kampung halaman pasti akan terasa.

Namun, jangan sampai rasa rindu tersebut membuatmu terlena dan bermalas-malasan. Ada banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu dan mengalihkan rasa rindu. Berikut lima kegiatan positif bagi anak rantau yang tidak bisa mudik.

1. Mengadakan virtual meet-up dengan keluarga

ilustrasi video call(pexels.com/Artem Podrez)

Teknologi saat ini memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan orang-orang terkasih meskipun berjauhan. Manfaatkan aplikasi video call seperti zoom, Google Meet, atau WhatsApp Video Call untuk mengadakan virtual meet-up dengan keluarga di kampung halaman.

Ajaklah mereka untuk berbincang-bincang, berbagi cerita, dan saling melihat wajah satu sama lain. Hal ini dapat membantu mengobati rasa rindu dan mempererat hubungan keluarga.

2. Menjelajahi kota perantauan

Ilustrasi jalan kosong (Pixabay.com/Paul)

Mungkin selama ini kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan atau kuliah sehingga belum sempat menjelajahi kota perantauanmu. Manfaatkan waktu luangmu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di kotamu, mencoba kuliner khas setempat, atau mempelajari budaya lokal. Hal ini dapat membantumu untuk lebih mengenal kota perantauanmu dan mendapatkan pengalaman baru.

Baca Juga: 10 Alternatif Libur Lebaran buat Kamu yang Gak Mudik, Murah Meriah

3. Mengikuti kegiatan bermanfaat di kota perantauan

ilustrasi seseorang beramal (freepik.com/freepik)

Banyak komunitas atau organisasi di kota perantauan yang mengadakan kegiatan bermanfaat, seperti workshop, seminar, atau kegiatan sosial. Ikuti kegiatan tersebut untuk mengisi waktu luang, menambah wawasan, dan memperluas jaringan pertemanan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu mengalihkan pikiran dari rasa rindu terhadap kampung halaman.

4. Mencoba hobi baru

Ilustrasi mempunyai hobi (istock.com)

Mungkin selama ini kamu selalu sibuk dengan pekerjaan atau kuliah sehingga tidak memiliki waktu untuk mencoba hobi baru. Nah, momen tidak bisa mudik ini bisa menjadi kesempatan untuk mencoba hobi baru yang menarik. Kamu bisa mencoba belajar memasak, menari, melukis, atau mempelajari bahasa baru. Mencoba hobi baru dapat membantumu untuk tetap produktif dan menghilangkan stres.

Verified Writer

Rinada

Pemula

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya