TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Sebaiknya Sadar jika Ekspektasi Gak Selalu jadi Realitas

Bangun, yuk!

ilustrasi berpikir (pexels.com/vanessagarcia)

Mimpi dan harapan yang banyak dalam hidup memang wajar sekali dimiliki oleh seseorang. Namun dalam meraihnya, sebaiknya kamu perlu sadar akan beberapa hal yang menjauhkan dari hal buruk. Salah satu di antaranya ialah merasa sadar jika ekspektasi dalam hidup kamu itu tidak selamanya jadi realitas. Penting hal ini dilakukan supaya ada keseimbangan hidup. Adapun alasan lain yang mendasari hal tersebut di antaranya ialah:

1. Mencegah rasa kecewa yang terlalu dalam

ilustrasi marah (pexels.com/anreapiacquadio)

Salah satu alasan yang mendasari kamu untuk menyadari jika tidak semua ekspektasi bisa menjadi realitas ialah demi mencegah rasa kecewa yang terlalu dalam. Setidaknya ada kesiapan dalam diri kamu jika nantinya merasakan kegagalan. Memang semua ingin sukses, tapi tidak semua orang beruntung mendapatkannya. 

Dengan mencegah adanya rasa kecewa akibat suatu kegagalan, kamu juga bisa bersiap untuk melakukan rencana yang baru. Tidak melulu larut dalam kesedihan. Kelak kamu mudah sukses jika terus mempertahankan sikap seperti ini, lho.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu sedang Terjebak Ekspektasi Sendiri, Sering Kecewa!

2. Selalu bisa berpikir realistis

ilustrasi pria (pexels.com/annanekrashevich)

Kamu juga bisa berpikir secara realistis ketika mau berpikir jika tidak semua ekspektasi bisa menjadi kenyataan. Pentingnya berpikir realistis demi menjaga mental supaya tidak cepat kecewa. Banyak yang bahkan karena tidak bisa mengatasi rasa kecewa itu, mereka bisa saja merasa stres yang berlarut.

Berpikir realistis juga akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan setiap masalah dengan baik. Pikiran tidak hanya diselimuti hal negatif karena kekecewaan tersebut. Masalah yang besar sekalipun dalam hidup bisa dengan mudah teratasi nantinya.

3. Jadi pribadi yang lebih dewasa

ilustrasi pria (pexels.com/vanessagarcia)

Ketika kamu mau menyadari jika ekspektasi tidak selamanya jadi realitas, kamu akan jadi pribadi yang lebih dewasa. Tidak semua orang mampu melakukan hal ini, kamu pantas bersyukur jika menyadarinya. Jadi pribadi yang lebih dewasa bisa membuat kamu mudah mengatasi semua cobaan dan rintangan dalam hidup, lho.

Pemikiran-pemikiran yang dihasilkan selalu terbaik, jauh dari perasaan larut dalam sebuah kesedihan. Itu yang kamu perlu sadari betul akan pentingnya mempunyai pemikiran jika ekspektasi tidak selamanya jadi realitas. Coba catat dan pikirkan kembali, ya!

4. Bersiap dengan rencana lain

ilustrasi bekerja (pexels.com/oliadanilevich)

Dengan menyadari jika tidak semua ekspektasi itu menjadi realitas, kamu juga bisa bersiap dengan rencana lain. Ke depannya, kamu justru akan semakin siap untuk impian lainnya yang juga penting. Kegagalan sebelumnya bisa dijadikan pembelajaran yang akan membuat hidup kamu jauh lebih baik ke depannya.

Jangan hanya terpuruk dengan satu rencana yang gagal. Karena kamu tidak akan tahu ke depannya akan seperti apa nantinya. Bisa saja banyak impian dan harapan yang nantinya berhasil kamu capai.

Baca Juga: 5 Ekspektasi terhadap Pasangan yang Wajib Kamu Buang Jauh, Apa Saja? 

Verified Writer

Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya