TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bukti Kalau Pribadi Introvert Kuat dalam Menghadapi Masalah

'Semua akan baik-baik saja'

dramabeans.com

Pasti kita sering menjumpai orang dengan beberapa jenis kepribadian termasuk kepribadian introvert. Begitu mendengar kata ‘introvert’, pasti banyak hal yang bermunculan di pikiran kamu.

Mungkin tipe yang pendiam, suka menyendiri, tidak suka bergaul dan lain-lain. Ya, kamu tidak salah sih. Tipe introvert adalah pribadi yang mencintai kesendirian dan cenderung tidak terlalu nyaman jika berinteraksi dengan banyak orang.

Tipe introvert memang memiliki keunikan tersendiri yang lain daripada yang lain. Meski terkesan penyendiri dan tidak suka bergaul dengan orang lain tapi, tipe ini memiliki banyak kelebihan lho.

Salah satunya adalah kuat menghadapi masalah-masalah apapun dalam hidup ini. Gak percaya? Yuk, kita lihat 5 bukti ini yang menunjukkan tipe introvert kuat dalam menghadapi masalah apa pun dalam hidup ini.

1. Cenderung menyelesaikan masalah sendiri

Pixabay/Antranias

Tipe introvert cenderung tidak ingin orang lain tahu kehidupan pribadi mereka terlalu dalam. Bahkan, jika mereka sedang punya masalah, mereka cenderung berusaha menyelesaikan sendiri lho. Mereka biasa menyelesaikan masalah yang ada tanpa perlu orang lain tahu. Hebat bukan?

2. Berusaha tetap tersenyum meski hati rapuh

theodysseyonline.com

Tipe introvert selalu berusaha tegar dan tetap tersenyum meski sedang mengalami kesedihan mendalam. Jika ada orang yang tertanya, mereka biasanya menjawab "gak apa-apa, gak ada masalah kok". Mereka cenderung menyembunyikan masalah dan tidak ingin merepotkan orang lain dalam masalahnya.

Baca Juga: Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert

3. Mengambil pelajaran dari masalah yang dihadapi

Unsplash/Max Felner

Tipe introvert tidak terburu-buru melangkah atau mengambil keputusan ketika menghadapi masalah. Mereka lebih memilih menikmati proses yang ada. Meski menyakitkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi mereka sungguh-sungguh mengambil pembelajaran penting dari masalah-masalah yang dihadapi.

Tidak heran bukan jika orang introvert jarang mengeluh ketika ada masalah yang dialaminya?

4. Tetap tenang menghadapi masalah

Pixabay/Engin_Akyurt

Ketika masalah melanda, orang introvert cenderung tenang menghadapinya. Mereka lebih memilih untuk berdiam diri dan merenungkan semua hal yang telah terjadi. Mereka berusaha menahan diri untuk tidak meluapkan rasa kecewa mereka dengan cara-cara yang dapat merusak diri mereka sendiri.

Baca Juga: Jangan Malu, 10 Pesohor Dunia Ini Juga Berkepribadian Introvert

Verified Writer

Nie Nie

Never stop learning...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya