TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Gaya Berpakaian Old Money, Ikuti Tipsnya!

Bisa jadi inspirasi OOTD kamu, nih

old money vs. new money (unsplash.com/Nleson Ndongala)

Beberapa waktu ke belakang, istilah old money lagi jadi tren di media sosial, terlebih di TikTok. Hal ini dibuktikan melalui fakta yang dikutip Prestige Online yang menunjukkan bahwa hashtag old money bahkan sudah melebihi 2.6 miliar penonton di TikTok.

Meskipun begitu, tahukah kamu? Sebenarnya istilah old money bukanlah hal yang baru dalam sejarah fashion lantaran gaya berpakaian old money ini sudah ada jauh sebelum jadi trending di media sosial.

Singkatnya, gaya berpakaian old money mengacu pada gaya berpakaian yang timeless, mirip dengan pakaian bangsawan yang rapi dan mewah, seperti yang ditampilkan oleh karakter fiksi Blair Waldorf dalam serial Gossip Girl.

Kamu bisa cari tahu mengenai gaya berpakaian old money dalam artikel IDN Times kali ini. Simak sampai habis, yuk!

1. Pengertian gaya berpakaian old money

ilustrasi gaya old money (Pinterest)

Mengutip Aesthetics Wiki, gaya berpakaian old money adalah "a style that exudes an air of timeless elegance, class, and sophistication". Jika diterjemahkan, gaya berpakaian old money merupakan gaya yang menggambarkan kesan keanggunan, kelas, dan kecanggihan yang tak lekang oleh waktu.

Sementara itu, mengutip Prestige Online, istilah old money pada dasarnya mengacu pada kaum bangsawan, aristokrasi, atau kelompok WASP tentang orang-orang yang mewarisi kekayaan, daripada menghasilkan uang dengan bekerja.

Nah, pada umumnya, gaya berpakaian ini sering digunakan oleh seseorang yang cenderung berasal dari kelas sosial atas dan mewarisi kekayaannya dari generasi ke generasi. Gaya berpakaian ini lebih menekankan pada kualitas, warisan, dan kesopanan daripada tampilan kemewahan yang mencolok.

Sebagai informasi, gaya berpakaian old money ini juga bisa disebut quiet luxury brand. Istilah quiet luxury merujuk pada gaya mode yang fokus pada kualitas dan kemewahan, namun tidak mencolok dalam desain, warna, bahan, atau tampilannya.

Baca Juga: 20 Brand Indonesia yang Mendunia, Sering Dikira dari Luar Negeri!

2. Perbedaan old money dan new money

gaya old money (unsplash.com/Dan Asaki)

Lalu, apa yang membedakan old money dengan new money? Tentunya, perbedaan tersebut dapat kamu lihat dari pakaiannya. Orang-orang yang menerapkan gaya berpakaian old money umumnya akan cenderung memakai pakaian yang memiliki motif sedikit.

Nah, berbanding terbalik dengan old money, gaya berpakaian new money cenderung mengutamakan kesan yang mewah melalui cara berpakaiannya. Umumnya, mereka akan memilih menggunakan pakaian dengan warna, motif, hingga logo desainer yang terlihat jelas.

Jika dijelaskan secara singkat, old money lebih cenderung menerapkan style yang tak lekang oleh waktu (bisa dipakai sampai kapanpun), sedangkan new money cenderung mengikuti style yang sedang tren.

Baca Juga: 7 Outfit Santai buat Hangout Pakai Jeans ala Sandra Dewi, Awet Muda

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya