TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Punya Konsep Diri Positif, Menghargai Personal

Praktikan pada dirimu sekarang

ilustrasi positive self concept (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Self concept memiliki peran penting bagi kehidupan seseorang. Self concept ini akan menentukan bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri sebagai seorang yang bermakna atau tidak. Seseorang mempunyai self concept yang positif mereka mampu memandang dirinya sebagai seorang yang berharga. Namun sebaliknya, jika seseorang tidak mempunyai konsep diri yang positif, mereka akan cenderung sulit untuk menghargai dirinya sendiri dan memaknai kehadirannya.

Positive self concept ini akan banyak membantu seseorang melewati saat-saat kritis dalam hidupnya. Sehingga mereka yang tidak mudah dikalahkan saat masalah mulai menghampirinya. Iya, memang konsep positif akan diri kita sendiri punya banyak manfaat dalam kehidupan kita. Mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasannya yang dikutip dari Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb (2021) dan terapkan positive self concept pada dirimu mulai sekarang.

1. Optimis terhadap kelemahan dan kelebihan yang dimiliki

ilustrasi optimis terhadap kelebihan dan kelemahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dengan positive self concept akan dirimu sendiri, kamu menyadari kamu seorang manusia yang mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kamu bisa menyikapi kelebihan dan kelemahan yang kamu miliki dengan positif dan optimis. Kamu bisa memaksimalkan kelebihanmu untuk terus maju. Dan kelemahanmu itu tidak menjadi hal yang bisa menghalangimu dalam proses tersebut.

Kamu memandang keduanya sebagai hal yang mendefinisikan dirimu sebagai manusia. Kamu bisa berdamai dengan keduanya. Sehingga kamu tidak akan menyalahkan kelemahan maupun kelebihan yang kamu miliki. Kamu bisa belajar dari kelemahanmu dan kamu bisa terus memaksimalkan kelebihan yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Ciri Individu dengan Konsep Diri Positif, Apakah Kamu Termasuk? 

2. Lebih bijaksana menghadapi suatu permasalahan dan realita hidup

ilustrasi bijaksana mengahadapi realita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manfaat kedua adalah kamu bisa lebih bijaksana menyikapi apa pun yang terjadi dalam hidupmu. Konsep diri yang positif membuatmu sadar bahwa hidup akan selalu berjalan. Dalam perjalanan itu bisa ada masalah yang membuatmu sedih atau pusing. Namun disisi lain, akan ada kebahagiaan yang hadir setelahnya.

Kamu jadi lebih tenang menghadapi segala realitas kehidupan yang datang. Kamu tidak menyalahkan keadaan dan mampu berdamai dengan apa pun yang hadir dalam kehidupanmu. Kamu jadi lebih bisa bijaksana dan menjadikan setiap momen yang hadir dalam kehidupanmu sebagai pengalaman berharga untuk terus jadi lebih baik.

3. Kebermaknaan terhadap dirinya sendiri

ilustrasi kebermaknaan diri (pexels.com/Askar Abayev)

Dikutip dari Ma’ruf (2019), mereka yang mempunyai positive self concept mampu merefleksikan dirinya agar dapat mencapai suatu kebermaknaan hidup. Sehingga dengan konsep diri yang positif ini akan membantu seseorang memaknai kehidupannya. Mereka sadar akan eksistensinya yang penting bagi dirinya sendiri.

Dengan positive self concept ini kamu tidak mudah definisikan oleh perkataan orang lain akan dirimu. Kamu bisa memaknai diri sendiri dan menghargai dirimu sendiri. Kamu juga tidak akan mudah menyerah walaupun banyak hal sedang mencoba menjatuhkanmu.

4. Merasa setara dengan orang lain

ilustrasi merasa setara dengan orang lain (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Anissa & Handayani (2012), konsep diri yang positif menjadikan seseorang yakin akan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Sehingga mereka akan merasa setara dengan orang lain. Mereka tidak memandang dirinya lebih rendah dari orang lain. Mereka juga tidak memandang orang lain lebih rendah dari mereka.

Positive self concept ini akan membuat kamu percaya akan kemampuanmu sendiri. Kamu tidak mudah merasa rendah diri dan insecure. Kamu juga tidak mudah untuk direndahkan oleh orang lain. Kamu selalu bisa meningkatkan self esteem-mu sendiri dengan konsep diri positif yang kamu miliki.

Baca Juga: 7 Rahasia Bangun Konsep Diri yang Positif Agar Lebih Percaya Diri

Verified Writer

Siti Nur Holifah

Mahasiswa yang mulai dan sedang mengembara di quarter life of crisis, ingat kata Youngk harus stay healthy and stay happy!!! Semangat kawan!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya