TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Sia-siakan Kesempatan Berbagi Kasih Sebelum Terlambat

Besok. Nanti. Saat dia sudah tidak ada lagi, apa yang akan kamu lakukan?

pexels.com

Menangis? Bersedih? Meratap? Atau meminta alam mengembalikannya? Pengalaman ditinggalkan memang pengalaman paling membekas - dan akan menjadi lebih membekas jika kamu belum sempat memberikan yang terbaik. 

Kisah ini datang dari saya yang kehilangan seorang kakak karena beliau harus menghadap Tuhan secara tiba-tiba. Bagaimana rasanya? Mati rasa. Itulah kata yang tepat menurut saya.

Berbagi sesuatu yang kita miliki sebenarnya hanya menuntut satu hal. Kerelaan. Apakah kamu rela berbagi? Apakah kamu rela membagikan milikmu pada orang lain? Jika jawabanmu "ya" maka berbagi kasihlah selama kamu bisa, berikan yang terbaik yang bisa kamu berikan, sebarkan kebahagiaan, peduli terhadap perasaan setiap orang dan bersuka citalah karena kebersamaan.

Tidak ada yang tinggal tetap, termasuk manusia, maka gunakan setiap kesempatan, setiap detik, setiap jengkal kehidupanmu untuk menjadi berguna untuk orang lain dan dirimu sendiri, kamu tidak akan pernah tahu, bagaimana rasanya benar-benar menghargai sesuatu sampai kamu benar-benar kehilangannya.

Toh jika bumi memutuskan untuk memisahkan, maka kamu akan dengan rela melepasnya. Dengan senyuman kecil di bibir dan berkata bahwa kamu telah berhasil. Berhasil menjadi berguna untuknya yang otomatis membawa kepuasan batin untuk dirimu sendiri.

Kasihilah, sekalipun kamu tidak dikasihi. Mengasihi sepenuh hatimu bisa, memberi sebanyak jiwamu mampu berikan–karena waktu tidak akan menunggu siapapun untuk alasan apapun. 

Memberi tanpa diberi memang bukan perkara mudah, apalagi tentang kasih, maka mulailah itu dari hal sekecil mungkin, yaitu senyuman atau sedikit perhatian. Biasakan dirimu untuk memberi terlebih dahulu. Kamu tidak akan kekurangan apapun saat kamu memberi, sebaliknya, kamu akan semakin berkelimpahan. Bukankah begitu membahagiakan melihat orang lain tersenyum karena keberadaanmu?

Verified Writer

Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya