TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pelajaran Hidup Serial Detektif Conan yang Bisa Diterapkan

Menghargai waktu itu penting

ravepad.com

Detektif Conan adalah sebuah serial manga manga detektif yang ditulis dan digambar oleh Gosho Aoyama. Serial ini muncul pada tahun 1994 dan sukses mengambil hati anak-anak 90an mulai dari yang suka teka-teki sampai yang tidak. Ceritanya sangat unik karena tokoh utamanya yaitu Sinichi Kudo berubah menjadi anak kecil karena minum racun. Sinichi kemudian mengganti namanya menjadi Conan Edogawa dan membantu polisi untuk mengungkap kasus-kasus pembunuhan.

Karena komiknya laris dipasarkan, detektif Conan kemudian muncul serial kartunnya yang tidak kalah diminati. Selain membuat deg-degan karena adegannya yang penuh teka-teki, ada 10 pelajaran berharga yang ternyata bisa kita ambil dari detektif Conan ini.

1. Conan mengajarkan pentingnya menghargai waktu, dia selalu tepat waktu untuk segala sesuatu.

detectiveconan.wikia.com

Conan selalu tepat waktu dan melakukan semuanya dengan terstruktur serta rapi. Dia tidak pernah datang terlambat di segala situasi. Hal ini memberi pelajaran pada penonton bahwa menghargai waktu adalah hal yang penting. Lebih baik datang lebih awal dibanding dengan datang terlambat.

2. Conan mengajarkan untuk menjadi teliti dan memperhitungkan hal-hal kecil.

twitter.com

Setiap kali ada kasus, Conan selalu bisa memcahkannya dengan baik karena dia sangat teliti dan memperhitungkan hal-hal kecil. Bahkan, ketelitiannya mengalahkan polisi sekalipun. Itu membuktikan bahwa dia sangat cemat dalam mengidentifikasi. Sebagai penonton dan pembaca, hal ini jelas baik ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lengah terhadap apapun yang kamu lakukan dan jangan menyepelekan hal-hal kecil.

3. Meski terjebak kesusahan dalam tubuh anak kecil, Conan tetap bisa berkarya dengan mengungkap banyak kasus.

coretanvindy.blogspot.co.id

Conan tidak terpuruk dalam keadaannya yang harus tinggal dalam tubuh seorang anak berusia 5 tahun. Dia bangkit dan tetap berkarya untuk menaklukan kasus walaupun dia kesulitan melakukan sesuatu akibat badannya yang mengecil. Conan mengajarkan bahwa kekurangan tidak menghalangi seseorang untuk berkembang. Selama kamu mau untuk bangkit dan tidak merasa minder, maka kamu pasti bisa jadi orang yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 11 Hal Kecil Ini Ampuh Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baik

4. Conan mengajarkan untuk selalu setia dengan pasangan, seperti Conan pada Ran.

aminoapps.com

Conan tidak pernah melupakan Ran. Dia selalu setia dan tidak pernah terpikir olehnya untuk menyukai orang lain selain Ran. Kesetiaan Conan ini mengajarkan pada penonton untuk selalu setia terhadap pasangan. Sekalipun ada hambatan yang menghalangi hubunganmu, jika kamu merasa dia pantas untuk diperjuangkan maka kamu pasti bisa menerobos rintangan itu.

5. Conan mengajarkan agar sebagai manusia, jangan sombong.

boards.fireden.net

Di setiap kasusnya menemukan pelaku pembunuhan, dia tidak pernah menunjukkan bahwa dirinyalah yang mengungkap kebenaran itu. Dia selalu bersembunyi di balik orang lain agar semua orang tidak tahu bahwa dia yang mengungkap kasus itu. Seharusnya tidak ada yang perlu disombongkan dalam hidup ini. Semakin sombong seseorang, semakin rendah juga nilai dirinya.

6. Conan mengajarkan kita untuk suka membaca buku.

es.androware.net

Conan selalu suka membaca dalam waktu luangnya. Hal ini merupakan contoh yang baik untuk ditiru bahwa membaca itu hal yang baik dan berguna untuk diri sendiri. Dengan membaca, maka kamu sedang menyerap ilmu dan pengetahuan baru yang tidak pernah kamu dengar sebelumnya.

Baca Juga: Hidupmu Susah Kalau Pernah Meniru Tindakan Crayon Shinchan Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya