TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal yang Bisa Jadi Gak Kamu Sadari Saat Selalu Utamakan Orang Lain

Kamu juga butuh perhatikan dirimu lho...

collider.com

Sekalipun kamu memang orang dengan karakter yang baik, ada saat dimana kamu harus tahu dimana kamu berdiri. Dalam artian, tidak semua hal di dunia ini bisa kamu tangani dan tidak semua orang harus menjadi prioritasmu. Kamu juga butuh perhatian dari dirimu sendiri.

Saat selalu mengutamakan orang lain, kamu bisa jadi tidak akan sadar lagi tentang semua hal ini. Kamu malah terlalu menyenangkan orang lain, sampai memotong kebahagiaanmu sendiri.

1. Kamu tidak sadar kalau ternyata orang itu tidak memintamu untuk mengutamakannya

marieclaire.com

Kamu yang terlalu sibuk memikirkannya sedangkan dia tidak berpikir bahwa kamu memikirkannya. Dia bahkan sebenarnya tidak butuh bantuan. Inilah yang membuat posisimu jadi salah. Kamu harusnya bisa peduli dulu tentang dirimu sendiri, baru orang lain.

2. Kamu tidak sadar kalau kamu sudah mengorbankan dirimu terlalu banyak

imdb.com

Sampai-sampai kamu kelelahan bahkan tidak bahagia. Tidak ada salahnya membuat orang lain senang, tapi kalau tidak ada yang membuatmu senang maka kamu sendiri yang butuh menyenangkan dirimu.

3. Kamu tidak sadar kalau prioritasmu itu salah

ibtimes.com

Seharusnya kamu peduli dengan dirimu. Itu bukan egois, tapi realistis. Kalau kamu berkorban terus, kamu bisa capek dan niat awalmu membantu orang lain akan berubah jadi gerutu.

Baca juga: Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Harga Dirimu Hancur!

4. Kamu tidak sadar kalau orang lain sedang bermain dengan kebaikanmu

collider.com

Padahal kamu sedang digunakan sebagai alat dan kamu tidak menyadarinya. Kamu butuh waspada dengan orang-orang seperti ini.

5. Kamu tidak sadar bahwa selalu ada batasan untuk segala sesuatu

imdb.com

Dalam artian, jika kamu terlalu mengutamakan orang, bisa jadi orang itu jadi tidak nyaman. Pertemanan atau persahabatan juga butuh batasan. Dia bisa mengatasi hidupnya dan kamu tidak selalu harus ada untuknya.

6. Kamu tidak sadar kalau sebenarnya kamu tidak bisa membahagiakan semua orang

aceshowbiz.com

Kamu jadi selalu memikirkan orang lain dan selalu ingin membuat orang senang. Pertanyaannya, apa kamu sendiri senang? Apa kamu sudah memikirkan dirimu sendiri? Jika kamu terlalu banyak memikirkan orang, lalu siapa yang akan memikirkanmu?

Baca juga: Alami Krisis Identitas di Usia 21? Ingatlah 7 Hal Penting Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya